VIDEO: Yuk! Keliling Kota Solo Dengan Kereta Uap Kuno

By Muhammad Ali

on Mar 11, 2013 at 06:05 WIB

Setelah pekan lalu menjalani uji coba, kereta uap Jaladara mulai dioperasikan sejak Minggu 10 Maret kemarin. Transportasi unik ini menjadi salah satu alternatif wisata budaya milik Pemerintah Kota Solo, Jawa Tengah.

Tentu saja, kemunculan kereta tua dengan bahan bakar kayu di jalan utama di Kota Solo menjadi daya tarik tersendiri bagi ribuan warga Solo yang tengah menikmati hari bebas kendaraan bermotor atau car free day.

Setelah berhenti selama 2 tahun karena belum memperoleh sertifikasi serta kelayakan jalan dari PT KAI, kereta unik ini siap menjadi transportasi wisata.

Direktur Umum PT KAI Jonan turut serta meresmikan peluncuran kereta ini bersama Walikota Solo FX Rudi Hadyatmo. Kereta berjalan menyusuri rel di sepanjang Jalan Slamet Riyadi yang merupakan jantung Kota Solo.

Para wisatawan akan dibawa berkeliling menikmati pemandangan asri kota Solo. Atau berkunjung ke salah satu bangunan cagar budaya Loji Gandrung serta sejumlah musium seperti Kampung Batik Kauman, Museum Radya Pustaka, dan Keraton Kasunanna Surakarta. Untuk sementara, kereta uap ini akan beroperasi 2 kali dalam sepekan.

Untuk menikmati perjalanan itu, Anda hanya menyiapkan kocek Rp 50 ribu per orang. Nah, bagi Anda yang berkunjung ke Kota Solo, tak ada salahnya untuk mencoba wisata kereta uap Jaladara ini. Tut, tuut, tuuttt...!!(Ali)
Suka artikel ini?
Muhammad Ali
Muhammad Ali

  Full bio »

0 Comments