Sukses

Hatta Rajasa: PAN Prioritaskan Caleg Perempuan Urutan Pertama

Selain memenuhi kuota 30 persen, PAN akan memprioritaskan seluruh kader perempuan yang ikut dalam pemilihan Caleg 2014 di urutan pertama.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Hatta Rajasa menegaskan tidak ada lagi perbedaan gender bagi kader perempuan di partainya. Karena itu, seluruh kader perempuan yang ikut dalam pemilihan Calon Legislatif tahun 2014 akan diprioritaskan di urutan pertama.

"Kita akan mengusahakan kuota 30% bagi caleg perempuan dari PAN terpenuhi. Walaupun sistem proposional terbuka dengan suara terbanyak digunakan, apresiasi partai untuk kaum perempuan akan menempati ranking teratas (dalam daftar calon)," ucap Hatta usia membuka Pembekalan Calon Legislatif Perempuan 2014 di Gedung DPP-PAN, Pasar Minggu, Jakarta Selatan , Minggu (10/3/2013).

Ia mengatakan PAN sudah jauh hari melakukan persiapan bagi dan sekarang sudah memasuki masa psikotest bagi para caleg.

"Kita jauh lebih siap, sedangkan (partai) yang lain belum melaksanakan konsolidasi dengan para calegnya. Bulan Februari lalu kita sudah melaksanakan pertemuan di Kemayoran. Hari ini, hanya untuk perempuan saja. Dapil juga sudah ditentukan dan mereka sudah bekerja," ucap pria yang identik dengan rambut putihnya ini.

Hatta menambahkan ada kriteria tersendiri untuk caleg perempuan dengan memberikan afirmasi positif. "Jadi, mereka score-nya ditambah. Dan itu bagian dari upaya untuk mengutamakan perempuan dalam tubuh PAN dan memenuhi kuota yang akan duduk di DPR," imbuhnya.

Hatta menegaskan penambahan score bagi caleg perempuan akan dilihat berdasarkan integritasnya, kinerja di masyarakat, latar belakang di partai serta di ormas dan masyarakat. (Adi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.