Sukses

VIDEO: Car Free Day, Warga Jakarta Nikmati Parade Ogoh-ogoh

Bertepatan dengan hari bebas kendaraan bermotor atau Car Free Day di Jakarta, parade Ogoh-ogoh turut ditampilkan.

Perayaan hari raya Nyepi identik dengan parade Ogoh-ogoh. Di Pulau Bali, parade ini menjadi hal yang biasa. Namun bertepatan dengan hari bebas kendaraan bermotor atau Car Free Day di Jakarta, Ogoh-ogoh juga ikut diarak.

Ogoh-ogoh sejatinya perlambang sifat buruk pada manusia yang harus dihilangkan. Acara mengarak Ogoh-ogoh identik untuk menyambut Hari Raya Nyepi bagi umat Hindu. Di Jakarta, gerakan tarian kontemporer yang mengiringi parade Ogoh-ogoh ikut meramaikan hari bebas kendaraan bermotor, Minggu (10/3/2013).

Ogoh-ogoh Buto Kala ini diarak di sepanjang Jalan MH Thamrin, Jakarta. Warga yang sedang berolah raga santai pun ikut terhibur menyaksikannya. Tidak hanya Ogoh-ogoh, pawai budaya nusantara yang akan berlangsung mulai pukul 14.00 hingga 16.00 WIB di Silang Monas ini, juga akan menampilkan parade budaya berbagai daerah lain.

Seperti Reog Ponorogo, barongsai, marawis, dan sejumlah kesenian lainnya. Sementara rute yang akan dilintasi parade adalah sisi barat Silang Monas-Jalan Medan Merdeka Selatan, kemudian masuk kembali ke Monas melalui pintu depan yang berhadapan dengan Kantor Kedubes Amerika. (Frd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.