Sukses

VIDEO: Serunya Latihan Tempur Bersama Tim Elit TNI AU

Tim elit Paskhas juga dilengkapi senjata tempur dan peralatan teknologi modern seperti GPS, alat komunikasi satelit, hingga lampu infra red.

Tim pasukan elite TNI AU melakukan misi latihan terjun payung pada malam hari di Bandar Udara Halim Perdana Kusumah, Jakarta.

Sebagai pasukan khusus yang mengendalikan pangkalan, pasukan khas atau Paskhas mempunyai misi mengamankan wilayah penerjunan bagi pasukan tempur sebelum melakukan penyerangan kepada pihak musuh. Bagaimana latihannya? Berikut liputannya.

Sebanyak 13 anggota Batalyon 461 Paskhas TNI AU bersiap melakukan aksi terjun payung malam hari. Operasi kali ini menggunakan sandi Rajawali Perkasa.

Dalam melakukan aksinya, Tim elit Paskhas juga dilengkapi senjata tempur dan peralatan teknologi modern seperti GPS, alat komunikasi satelit, hingga lampu infra red.

Dengan menggunakan pesawat buatan dalam negeri CN-235 produksi IPTN, ke-13 penerjun dari pengendali tempur (Dalpur TNI AU) diterbangkan  hingga ketinggian 6.000 kaki.

Mereka memiliki kualifikasi khusus, seperti pengatur lalu lintas udara, keamanan, mengidentifikasi cuaca, komunikasi elektronik, hingga spesialis kesehatan.

Saat malam tiba, misi penyusupan melalui udara pun dimulai. Para prajurit satu per satu menembus gelapnya malam untuk diterjunkan di kawasan musuh.

Latihan tempur ini merupakan latihan rutin tahunan dari TNI AU guna melatih mental dan keahlian prajurit menghadapi lawan. (Ary)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini