Sukses

VIDEO: SBY Perintahkan Kasus Mapolresta OKU Diusut Tuntas

Presiden SBY memerintahkan agar kasus penyerangan Mapolres Ogan Komering Ulu diperiksa hingga tuntas.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memerintahkan agar kasus penyerangan terhadap Mapolres Ogan Komering Ulu (OKU) yang dilakukan oleh sejumlah oknum TNI diperiksa hingga tuntas.

Permintaan SBY tersebut disampaikan setibanya dari kunjungan kerja ke Jerman dan Hungaria, Sabtu (9/3/2013). Presiden SBY langsung mengadalan rapat dengan para menteri, Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono, dan Kapolri Jendral Timur Pradopo.

Kasus pembakaran Mapolres ini dipicu ketidakpuasan anggota TNI terhadap kasus penembakan oleh anggota polisi. Kasus ini tengah diperiksa tim investigasi gabungan TNI-Polri.

Situasi di Kota Baturaja, OKU sendiri berangsur-angsur mulai normal. Sejumlah polisi dan tentara berjaga-jaga dalam situasi yang relatif tidak lagi tegang. Mapolres OKU yang dirusak dan dibakar puluhan tentara juga menjadi tontonan warga.

Pada Kamis (7/3/2013) pagi, Mapolres OKU diserang dan dibakar oleh puluhan anggota TNI. Tidak tampak upaya polisi memadamkan api, bahkan kendaraan bermotor di tempat parkir pun seperti dibiarkan terbakar.

Akibat insiden ini, sebanyak 5 orang mengalami luka-luka, 4 diantaranya anggota polisi dan 1 warga sipil yang menjadi petugas kebersihan.

Beragam faktor dinilai sebagai penyebab konflik, diantaranya kebanggan berlebihan terhadap korps sampai masalah kecemburuan ekonomi. Hal seperti inilah yang harus diselesaikan, dan campur tangan Presiden diperlukan agar konflik serupa tidak terulang lagi. (Sah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini