Sukses

VIDEO: Sakit Parah, Pasien di Semarang Terlantar di Gudang RS

Belasan pasien jamkesmas yang menderita berbagai penyakit terlantar di gudang Rumah Sakit Kariadi, Semarang, Jawa Tengah.

Belasan pasien jamkesmas yang menderita berbagai penyakit terlantar di gudang Rumah Sakit Kariadi, Semarang, Jawa Tengah dan belum mendapatkan pertolongan dokter. Sementara di Jakarta Utara, seorang siswi SMP penderita penyumbatan usus tewas setelah ditolak 4 rumah sakit dengan alasan ruangan ICU penuh.

Pasien-pasien yang terlantar di gudang itu menderita berbagai penyakit, seperti kangker hidung, tumor usus dan gondok. Mereka berasal dari luar kota Semarang. Dokter di tempat asal mereka sudah angkat tangan dengan penyakit yang diderita dan merujuk pasien-pasien itu ke Rumah Sakit Kariadi, Semarang.

Salah seorang pasien bernama Simpen, menderita tumor usus sudah sebulan berada di gudang itu, tanpa sentuhan perawatan dokter. Pihak rumah sakit berdalih sudah tidak ada kamar untuk mereka.

Sementara itu, Ana Mudrika, seorang siswi kelas 2 SMP tewas setelah sulit mendapatkan rumah sakit untuk perawatan sakitnya. Bungsu dari tiga bersaudara ini menghembuskan nafas terakhir di rumahnya di kawasan Cilincing, Jakarta Utara, Sabtu (9/3/2013) siang.

Remaja putri berusia 14 tahun ini meninggal akibat penyakit penyumbatan usus yang dialaminya. Sebelum meninggal, Ana sempat dirawat di Rumah Sakit Firdaus dengan keluhan sakit di bagian perut.

Setelah tiga hari di rawat, kondisi kesehatannya memburuk dan disarankan untuk mencari rumah sakit yang memiliki ruang ICU. Jumat malam, pihak keluarga mendatangi 4 rumah sakit tetapi semuanya ditolak dengan alasan ruang ICU penuh. Kondisi kesehatan Ana semakin memburuk sampai akhirnya meninggal di rumahnya. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.