Sukses

VIDEO: Ketika Artis Kembali Dilirik Jadi Politisi

Kehadiran artis di panggung politik lebih banyak mendapat sorotan. Mereka diharapkan tidak bermodalkan popularitas namun juga bekerja untuk rakyat.

Jelang Pemilu 2014 mendatang, artis kembali dilirik partai politik untuk menjadi calon legislatif. Bukan hanya di parlemen, keberadaan artis di eksekutif juga juga semakin banyak. Artis yang menjadi politisi pun lebih banyak menjadi sorotan karena tindak tanduknya banyak diikuti oleh para fans-nya.

Pada tayangan Barometer SCTV, Sabtu (9/3/2013), Krisdayanti nampaknya sedang menghitung hari. Penyanyi bersuara merdu, berbadan seksi dan punya lika-liku hidup ini memastikan diri terjun ke partai politik. Mantan Suami Anang Hermansyah ini bergabung dengan Partai Hanura yang didirikan Wiranto.

"Saya memang masuk Partai Hanura. Tapi karena partai membutuhkan komitmen yang tinggi sedangkan bayi saya masih kecil, jadi saya belum berani mencalonkan diri dalam Pemilu Legislatif 2014," ujar Krisdayatanti.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tidak ketinggalan. Partai yang dipimpin Muhaimin Iskandar itu juga merekrut artis seperti Krisna Mukti, Tommy Kurniawan, Arzeti Bilbina, Said Bajuri dan sejumlah artis lain.

"Bukan hanya karena popularitas tapi kami juga punya visi dan misi untuk membangun bangsa melalui PKB," ujar Krisna.

Partai Amanat Nasional juga mengambil ancang-ancang yang sama. Artis papan atas mulai Desi Ratnasari, Henky Kurniawan hingga Ikang Fauzi menjadi caleg PAN.

"Tidak semuanya enak dan harus ikhlas kalau tidak terpilih dalam pemilu nanti," ujar Wanda Hamidah yang menjadi anggota DPRD DKI Jakarta dari Partai PAN.

Kepopuleran sebagai artis memang sudah menjadi modal kuat meraih suara, seperti di Pemilu tahun 2009 lalu. 18 Artis sukses meraih kursi di DPR. Partai Demokrat tercatat paling banyak mendudukkan artis di kursi legislatif. Pengamat politik menilai langkah parpol dalam merekrut artis merupakan cermin dari lemahnya kaderisasi partai politik.

Bukan sulap dan bukan pula sihir. Selain kursi legislatif, kini kursi eksekutif pun diincar artis. Pesulap Limbad mendaftarkan diri menjadi calon Wakil Bupati Tegal berpasangan dengan Bupati Petahana Heri Sulistyawan. Meski berniat jadi bupati, pesulap ini tetap mempertahankan gayanya tidak mengeluarkan suaranya meski sedang diwawancarai.

Memang hak semua orang untuk berkiprah di dunia politik termasuk artis. Banyak artis yang membuktikan diri juga handal di dunia politik. Seperti Nurul Arifin dan Tantowi Yahya di Partai Golkar. Tetapi tidak sedikit artis yang akhirnya tidak bisa menjalankan amanah yang diemban dan tersandung kasus korupsi. Bahkan rumah tangga pun berantakan.

Contohnya kisah Putri Indonesia Angelina Sondakh ke penjara. Kecantikan Angie panggilan akrabnya memikat suara pemilih di Jawa Tengah mengantarkan dirnya ke DPR. Namun, bintangnya meredup ketika menjadi pesakitan kasus korupsi di KPK.

Masyarakat tentu sulit menerima wakil rakyatnya tampil di panggung politik dan panggung lawak sekaligus. Walau pun terkadang memang di panggung politik pun kerap terdengar lawakan. Keberadaan artis politisi lebih banyak mendapat sorotan masyarakat. Tentu saja ini menjadi beban tambahan bagi artis politisi. Karena artis yang menjadi idola masyarakat yang kerap ditiru tingkah lakunya oleh para fans.(Adi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.