Sukses

Kronologi Penangkapan Hercules Cs

Petugas gabungan dari Polda Metro Jaya dan Polres Jakarta Barat meringkus Hercules beserta anggotanya.

Petugas gabungan dari Polda Metro Jaya dan Polres Jakarta Barat meringkus Hercules Rosario Marshal atau yang dikenal dengan Hercules beserta anggotanya.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Rikwanto menjelaskan kronologi penangkapan Hercules cs. Kejadian berawal saat apel gabungan konsolidasi Reskrim digelar di Kompleks KJI, Srengseng, Kembangan, Jakarta Barat, pada pukul 17.00 WIB.

"Apel dipimpin oleh Kasat Reskrim AKBP Hengki Haryadi," kata Rikwanto di Jakarta, Jumat (8/3/2013).

Tak lama kemudian, sambung Rikwanto, Sekitar pukul 17.20, pada saat pelaksanaan apel, Hercules bersama kelompoknya sekitar 40 orang mendatangi Kasat Serse Jakbar AKBP Hengki di lokasi apel.

"Hercules merasa tidak senang dengan keberadaan apel Oleh Reskrim pimpinan Kasat Reskrim Jakbar," ujar Rikwanto.

Tidak hanya merasa keberatan, sambung Rikwanto, Hercules dan anak buahnya tersebut juga berusaha untuk membubarkan aparat polisi dengan cara membuat kericuhan dengan memecahkan beberapa kaca ruko.

"Ia berusaha membubarkan, dan beberapa anak buah Hercules melempar kaca ruko dengan batu," ungkapnya. 

30 Menit kemudian, kata Rikwanto, 4 orang mengendarai 2 motor datang. Mereka yang merupakan anggota dari Hercules itu membawa senjata tajam.

"Sekitar 30 menit, datang dari Hercules , 4 orang mengendarai motor, 2 unit no polisi tidak jelas, membawa senjata tajam. Kemudian di amankan," ucap dia.

Polisi pun kemudian langsung menciduk seluruh anak buah Hercules tersebut, termasuk Hercules yang ada di lokasi kejadian. "Kami pun menangkap dan menyisir lokasi dan sekitar kediaman hercules. Dan selanjutnya mengamankan kelompok Hercules sejumlah 45 orang, kemudian diamankan ke Polda Metro Jaya. Dan 4 orang di Polres Jakarta Barat," tutup Rikwanto.

Saat ini, pria bernama lengkap Hercules Rosario Marshal dan 45 anggotanya telah tiba di Markas Polda Metro Jaya. Saat baru tiba, pimpinan ormas itu langsung disuruh jalan jongkok.

Sekjen Gerakan Rakyat Indonesia Baru (GRIB) Ridho menyatakan saat ini dirinya dan tim kuasa hukum Hercules -- yang menjabat sebagai Ketua GRIB -- sedang menuju ke Polda Metro Jaya untuk meminta klarifikasi terkait penangkapan tersebut. (Riz)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini