Sukses

Belum Ada Peningkatan Aktivitas Vulkanik Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu belum menunjukkan peningkatan aktivitas letusan. Namun, PVMBG tetap memantau aktivitas gunung dan menutup wilayah ini dalam radius 1,5 km dari Kawah Ratu.

Rekaman Pos Pemantau Gunung Tangkuban Perahu di Bandung Barat, Jawa Barat, menunjukkan terjadi satu kali gempa tektonik jauh, dua kali tremor, dan satu kali hembusan serta gempa vulkanik dalam pada dalam waktu beberapa jam saja, Kamis (7/3/2013).

Meski demikian, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengatakan Tangkuban Perahu belum menunjukkan peningkatan aktivitas letusan. Tapi PVMBG tetap memantau ketat aktivitas gunung yang kerap menjadi pusat kunjungan wisatawan ini.

"Kita juga masih menutup wilayah ini hingga radius 1,5 kilometer dari Kawah Ratu," jelas Oni Suganda, petugas dari PVMBG.

Sementara itu, Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) Bandung Barat sendiri telah menyiagakan personelnya untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk. Selain itu, lembaga ini juga telah menyiapkan jalur evakuasi di sejumlah titik di gunung ini.

"Makin aktifnya Kawah Ratu Gunung Tangkuban Perahu membuat warga yang berada di sekitarnya khawatir. Namun, mereka percaya bila terjadi hal paling buruk, petugas telah siap mengevakuasi," pungkas Oni.(Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini