Sukses

GanTeng Unggul di Survei, Anis Matta: Jangan Terbuai Survei

Presiden PKS, Anis Matta, menilai hasil survei yang dilakukan LSI tersebut merupakan berita gembira yang harus terus dikawal.

Sehari jelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumatera Utara (Sumut), konstalasi politik di Sumatera tampak tenang. Namun, riset yang dilakukan Lembaga Survei Indonesia (LSI) menempatkan pasangan Gatot Pujonugroho-Tengku Erry Nuradi (GanTeng) yang diusung PKS sebagai pemenang.

Presiden PKS, Anis Matta, menilai hasil survei yang dilakukan LSI tersebut merupakan berita gembira yang harus terus dikawal. Sehingga, apa yang menjadi hasil survei tersebut bisa terbukti secara nyata saat pilkada Sumut digelar dan cocok seperti penghitungan Real Count KPU.

"Ini adalah berita gembira yang harus dikawal dan sekaligus sebagai penyemangat untuk mengawal proses perhitungan suara hingga selesai," kata Anis dalam pesan elektroniknya di Jakarta, Rabu (6/3/2013).

Karena itu, lanjut Anis, dia mengimbau para kader PKS dan tim sukses pemenangan pasangan cagub dan cawagub Sumatra Utara yang diusungnya untuk tidak hanyut dalam euforia atas hasil survei tersebut. "Kader tak boleh lengah apalagi sampai larut dalam euforia," ujarnya.

Berdasarkan survei LSI tersebut, pasangan Gatot Pujo Nugroho-Tengku Erry Nuradi (GanTeng) unggul dengan perolehan 32,2 persen, hingga diprediksi kuat akan memenangkan pertarungan dalam satu putaran. Posisi kedua disusul pasangan Gus Irawan Pasaribu-Soekirman (Gusman) dengan perolehan 21 persen, dan posisi ketiga pasangan Amri Tambunan-RE Nainggolan (Amri-RE) dengan perolehan 18,3 persen.

Berikutnya pada posisi keempat pasangan Effendi MS Simbolon-Jumiran Abdi (EsJa) dengan angka 14,6 persen, dan posisi juru kunci adalah pasangan Chairuman Harahap-Fadly Nurzal (Charly) dengan angka 5,3 persen. Masih berdasarkan survei ini, ada sekitar 8,7 persen yang merahasiakan atau belum memutuskan akan memilih siapa.

Pilgub Sumut sendiri akan berlangsung pada 7 Maret 2013. Tercatat ada 10.310.872 pemilih terdaftar yang berhak memberikan hak suara. Para pemilih yang berasal dari 33 kabupaten dan kota ini, tersebar di 422 kecamatan dan 5.875 desa dan kelurahan. Mereka bakal memberikan suaranya di 26.443 TPS. (Ary)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.