Ganjar-Heru Jagoan PDIP Untuk Pilkada Jateng

on

Tiga pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah akhirnya resmi mendaftarkan diri di KPUD Jateng. PDIP akhirnya menjatuhkan rekomendasi calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng dalam Pemilihan Kepala Daerah 2013 kepada pasangan Ganjar Pranowo dan Heru Sujatmoko. Pasangan ini mengalahkan calon lainnya, Rustriningsih dan Sekda Jateng Hadi Prabowo.

Rekomendasi pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng 2013-2018 dibacakan Ketua DPP PDIP Bambang Wuryanto di Panti Marhen Semarang, Selasa 5 Maret. Menurut Sekjen DPP PDIP Tjahjo Kumolo, Ganjar merupakan putra asli Jateng kelahiran Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jateng.

Tjahjo mengatakan, penentuan pasangan ini telah melalui proses yang cukup panjang. Dari 20 pendaftar penjaringan yang digelar PDIP, akhirnya mengerucut pada 8 nama. Dari 8 nama itu mengecil menjadi 3 nama.

Sementara, calon Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengatakan, dia dan Heru Sujatmoko akan menyiapkan program-progam jangka pendek dan jangka panjang menjelang kampanye Pemilihan Gubernur Jateng 2013. "Kami siap dengan amanah yang diberikan partai untuk menjalankan tugas sebaik-baiknya," ujar Ganjar di Semarang, Rabu (6/3/2013).

Usai diumumkan, pasangan Ganjar-Heru langsung didaftarkan ke KPU Jateng. Ganjar Pranowo merupakan anggota DPR dari Fraksi PDIP yang juga menjabat Wakil Ketua Komisi II. Sementara Heru Sujatmoko merupakan kader PDIP yang saat ini menjabat Bupati Purbalingga.

Calon kuat yang selama ini diprediksi mendapat rekomendasi PDIP, yaitu Sekda Jateng Hadi Prabowo yang dalam waktu singkat akhirnya bisa merangkul 6 partai untuk mendaftar di KPUD Jateng.

Hadi Prabowo yang berpasangan dengan Don Murdono diusung oleh PPP, PKS, Gerindra, Hanura, dan PKNU. Don Murdono adalah kakak kandung mantan Ketua DPRD Jateng dan Ketua PDP PDIP Murdoko.

Sedangkan Gubernur incumbent Bibit Waluyo yang berpasangan dengan Rektor Universitas Negeri Semarang Sudjiyono diusung Demokrat, Golkar, dan PAN. (Frd)

Credit Frd

Suka artikel ini?

0 Comments