Sukses

Jokowi Sampaikan Rencana Pembangunan, Kursi DPRD Kosong Setengah

Hampir setengah kursi anggota dewan kosong, namun ketua DPRD DKI Jakarta, Ferial Sofyan tetap melanjutkan sidang tersebut. Jokowi pun kemudian memaparkan penjelasan tentang Perda RPJMD dan pengelolaan sampah selama selama 30 menit.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menyampaikan Penyampaian Rancangan Peraturan Daerah tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2013-2017. Dalam paparannya, Jokowi menyampaikan tujuan dan sasaran pembangunan selama lima tahun ke depan.

Dalam pantauan Liputan6.com, hampir setengah kursi anggota dewan kosong. Namun ketua DPRD DKI Jakarta Ferial Sofyan tetap melanjutkan sidang tersebut. Jokowi pun kemudian memaparkan penjelasan tentang Perda RPJMD dan pengelolaan sampah selama selama 30 menit.

"Misi Pertama, tujuan misi ini adalah mengembangkan produk ekonomi dan bisnis kota Jakarta sesuai dengan potensi dan ciri khasnya yang didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai," ujar Jokowi di ruang paripurna DPRD DKI Jakarta, Selasa (5/3/2013).

Jokowi mengatakan, adapun sasarannya antara lain berkembangnya aktivitas ekonomi perdagangan dan jasa pada Pusat Kegiatan Primer dan Sekunder. "Berkembangnya kawasan-kawasan Pembangunan Berbasis Transit (TOD), serta tersedianya ruang untuk pedagang informal pada kawasan perkantoran dan perniagaan kota," kata dia.

Kemudian misi selanjutnya, menurut Jokowi adalah dengan menyediakan infrastruktur kota memadai untuk mengatasi masalah menahun dan mendorong pembangunan kota yang berwawasan lingkungan dan berketahanan dalam menghadapi resiko bencana dan dampak perubahan iklim.

"Sasaran misi ini antara lain tersedianya sistem transportasi perkotaan dan jaringan jalan yang terpadu, tersedianya sistem tata air yang optimal, tersedianya pengelolaan sampah terpadu dan berkurangnya pencemaran lingkungan," ungkapnya.

Misi ketiga, Jokowi melanjutkan akan menyediakan hunian dan ruang publik yang layak dan terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat

"Sasarannya adalah tersedianya rumah layak dan terjangkau, tertatanya kawasan permukiman yang layak bagi masyarakat serta meningkatnya luasan dan kualitas ruang terbuka hijau publik dan privat di Jakarta," katanya.

Sedangkan misi keempat adalah mengembangkan budaya kota yang multikultur dan berbasis potensi lokal dan meningkatkan produktivitas masyarakat. Sasaran misi ini antara lain berkembangnya budaya kota multikultur yang berbasis komunitas dan tersedianya pusat-pusat kebudayaan di semua wilayah kota Jakarta.

Kelima, mantan Walikota Solo ini akan mendorong penyelenggaraan pemerintahan yang professional, bersih dan transparan serta meningkatkan pelayanan publik prima bagi seluruh masyarakat.

"Sasarannya antara lain pelayanan publik yang prima pada lembaga pelayanan terpadu satu pintu dan meningkatnya akses dan kualitas pendidikan serta kesehatan bagi semua masyarakat," paparnya.

Ia mengatakan, tujuan dan sasaran tersebut dijabarkan ke dalam strategi dan arah kebijakan serta program dan indikator-indikatornya yang secara detail dapat dilihat dalam buku Raperda RPJMD Provinsi DKI Jakarta Tahun 2013-2017. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.