Sukses

Hindari Nenek Menyebrang, Truk Hino Terguling di Jalinsum

Truk berpenumpang 4 orang terguling di Kilometer 70, Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum).

Citizen6, Kalianda: Truk berpenumpang 4 orang, yang terdiri dari 1 laki-laki dan 3 wanita terguling di Kilometer 70, Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum).

Peristiwa tersebut terjadi tepat di depan Rumah Makan Minang Raya, Desa Pasuruan, Kecamatan Penengahan, Lampung Selatan, Senin 4 Maret 2013, sekitar pukul 16.30 WIB.

Beruntung peristiwa itu tidak menimbulkan korban jiwa. Namun seorang anak kecil berusia 2 tahun yang ikut di kabin depan truk tersebut mengalami luka lebam akibat benturan.

Dari pengakuan Indra (26), Istri dari Dwi (30) sang sopir truk Hino 300 warna biru dan bernomor polisi B 9612 NYT, ia berniat minta diantarkan ke rumah sakit di Kalianda. Awalnya ia ingin memeriksakan kandungannya ke Puskesmas Kecamatan Penengahan. Namun karena di Puskesmas Penengahan tidak ada alat Ultra Sono Graphy (USG) maka atas anjuran sang kakak perempuan yang juga ikut serta dalam mobil truk tersebut, Indra dibawa ke Kalianda.

"Saya merasakan perut saya sakit. Akhirnya saya suruh suami saya mengantarkan saya periksa keadaan kandungan saya ini. Tapi malah mengalami kecelakaan," terang Indra, Senin 4 Maret 2013.

Kecelakaan itu terjadi di belokan Jalan Lintas Sumatera. Awalnya Indra melihat ada seorang wanita tua yang menyebrang jalan dari arah sebelah kiri, pada saat yang bersamaan truk pun melaju dari arah Bakauheni menuju Kalianda.

Saat nenek tersebut lewat, pasangan suami istri Desa ketapang, Kecamatan Ketapang tersebut berusaha
mengerem laju kendaraannya dan berusaha menghindar ke badan jalan sebelah kanan.

"Namun truk justru terguling dan miring dengan semua ban sebelah kanan ada di atas, sedangkan kepala mobil berbalik lagi ke arah Bakauheni, bahkan hampir masuk ke selokan," ujar Indra.

Akibat kejadian tersebut, ia dan kakak wanitanya yang mempunyai anak perempuan usia 2 tahun mengaku sangat ketakutan dan trauma. Indra juga mengaku, peristiwa itu membuat ia mengalami sakit pada bahu kirinya, sedangkan keponakannya yang masih 2 tahun mengalami luka lebam pada dahi sebelah kanan.

Disaat sang suami dibantu teman-temannya sedang meminjam tali sling ke bengkel terdekat, wanita tua yang menyeberang jalan tersebut langsung melarikan diri ketika melihat truk terguling.

Mobil truk warna hijau yang terguling tersebut segera ditinggalkan dalam keadaan lampu masih hidup. Beruntung lokasikejadian berada di dekat rumah makan dan warga yang melihat kejadian segera menolong keempat korban. Evakuasi truk sendiri segera dilakuakan satu jam kemudian. Untuk mengembalikan posisi truk pada roda di bawah. Satu buah truk lain segera menarik truk tersebut dengan tali sling. (Hendricus Widiantoro/Mar)


Hendricus Widiantoro adalah pewarta warga.


*Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke citizen6@liputan6.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.