Sukses

Partai Demokrat Segera Buka DCS Untuk Umum

Partai Demokrat membuka menerima pendaftaran daftar caleg sementara pada Rabu 6 Maret dan akan ditutup pada 31 Maret 2013.

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penjaringan Bakal Calon Anggota Legislatif Partai Demokrat Suedi Marasabessy menyebutkan akan membuka Daftar Caleg Sementara (DCS) bagi masyarakat umum dan para kader Demokrat yang ingin menjadi Caleg DPR RI maupun DPRD Kabupaten/Kota.

"Partai Demokrat terbuka menerima pendaftaran bakal calon DPR RI. Pendaftaran akan kami buka Rabu 6 Maret, dan akan kami tutup pada 31 Maret 2013," kata Suedi dalam konferensi pers di Kantor DPP Partai Demokrat di Jakarta, Senin (4/3/2013).

Ketua Bidang Media Satgas penjaringan bakal caleg Partai Demokrat Andi Nurpati menegaskan, kendati terbuka untuk umum, namun bagi masyarakat yang ingin menjadi caleg dari Partai Demokrat harus daftar terlebih dulu menjadi anggota partai.

"Selain itu, Partai Demokrat juga meminta kepada bakal calon anggota DPR untuk bersedia menandatangani Pakta Integritas," tuturnya.

Andi menjelaskan, Partai Demokrat akan memperjuangkan kuota 30 persen perempuan pada setiap daerah pemilihan (dapil) dari 77 dapil yang telah ditentukan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Selebihnya, tentu yang bersangkutan tidak boleh menjadi anggota parpol lain yang juga partai peserta pemilu. Selain itu, 1 orang hanya mencalonkan satu dapil saja untuk caleg DPR RI atau DPRD Kabupaten/Kota," ungkapnya.

Karena itu, semua persyaratan itu nantinya akan diseleksi oleh satgas penjaringan bakal calon legislatif Partai Demokrat. Selanjutnya satgas nantinya akan mencari informasi dari masyarakat dan insan media. Sehingga, caleg dari Partai Demokrat dipastikan tak akan melanggar ketentuan yang berlaku.

"Pada tanggal 31 Maret nanti, waktunya tim memeriksa secara menyeluruh. Kemudian sesuai AD/ART, calon akan diserahkan kepada majelis tinggi untuk bisa dipilih dan ditetapkan sebelum diserahkan kepada KPU," terangnya.

"Kita juga mengajak kepada para wartawan atau wartawan senior atau pimpinan media untuk mendaftarkan menjadi bakal calon anggota legislatif Partai Demokrat. Dan bisa bergabung bersama kami," pungkas Andi Nurpati.(Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini