Sukses

Badai Salju Besar Terjang Tokyo, 6 Orang Meninggal

Badai salju besar menerjang wilayah Tohoku dan Hokkaido di timur laut Jepang pada Sabtu waktu setempat.

Badai salju besar menerjang wilayah Tohoku dan Hokkaido di timur laut Jepang pada Sabtu waktu setempat. Cuaca ekstrim itu mengakibatkan 6 orang tewas.

Laman Xinhua yang dilansir Minggu (3/3/2013) dari Kantor Berita Jepang Kyodo memberitakan, 4 orang korban tewas berasal dari Nakashibetsu Hokkaido. Mereka adalah seorang wanita dan 3 orang anaknya. Keempatnya dilaporkan tewas pada Sabtu malam akibat keracunan karbon monoksida, karena mobil mereka terkubur salju dan kehabisan udara.

Lalu pada Minggu, korban berikutnya yang merupakan seorang pekerja paruh waktu ditemukan tewas di sebuah lahan pertanian. Sekitar 300 meter dari mayat itu ditemukan sebuah mobil, yang diduga milik pekerja tersebut.

Seorang korban tewas lainnya berasal dari Yubetsu. Korban adalah seorang pria berusia 53 tahun. Ia tewas kehabisan udara, karena mobil yang dikendarainya saat akan mengungsi ke rumah temannya terkubur salju. Beruntung putrinya yang juga berada dalam mobil tersebut berhasil bertahan hingga tim penyelamat datang.

Cuaca ekstrim yang menyebabkan terjadinya badai besar di Tohoku dan Hokkaido di wilayah timur laut Jepang akhir pekan ini, diduga akibat tekanan udara rendah di wilayah tersebut.

Badai salju yang telah diprediksi oleh Badan Meteorologi Jepang itu juga menyebabkan 'kereta cepat' Jepang tergelincir di Prefektur Akita Jepang. Namun tak ada yang terluka dalam kecelakaan itu.

Pasca-terjangan badai salju itu, Perdana Menteri Shinzo Abe memerintahkan Keiji Furuya selaku Menteri Negara untuk Manajemen Bencana memeriksa kerusakan dan mengembalikan sistem transportasi serta memberikan informasi lebih lanjut kepada warga setempat. (Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini