Sukses

Pukul 13.00 Ini Pemenang Pilkada Jabar Diketahui

KPU Jawa Barat berharap pelaksanaan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pilgub 2013, di Sekretariat KPU Jabar Kota Bandung berharap selesai dalam waktu tiga jam.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat berharap pelaksanaan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pilgub 2013, di Sekretariat KPU Jabar berharap selesai dalam waktu tiga jam.

"Rencananya jam 10 pagi ini dimulai. Ya, paling lambat jam satu siang ini siapa pasangan memiliki suara terbanyak, maka ditetapkan sebagai gubernur dan wakil gubernur tepilih," kata Ketua KPU Jawa Barat Yayat Hidayat.

Rapat pleno tersebut, kata dia, dihadiri oleh KPU kabupaten dan kota, Panwaslu, stakeholder, perwakilan organisasi massa dan ketua-ketua partai pengusung cagub-cawagub.

Diutarakannya, pemenang Pilgub Jabar 2013 ialah peraih suara terbanyak dan apabila raihan suaranya di atas 30 persen, pilkada berlangsung satu putaran. "Dan kalau ada dua kandidat atau lebih dengan raihan di atas 30 persen, pemenangnya ialah yang meraih suara terbanyak," kata dia.

Tapi, lanjut Yayat, jika tidak ada kandidat yang mencapai 30 persen, pilkada Jabar berjalan dua putaran. Jadi untuk pasangan yang melenggang ke putaran dua adalah dua pasangan dengan raihan suara tertinggi," kata dia. (Ant./Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini