Sukses

Bank DKI Beri Pendidikan Perbankan untuk Penerima Kartu Pintar

Bank DKI sebagai penyalur dana KJP juga turut memberikan bantuan berupa edukasi perbankan bagi pelajar pemegang kartu tersebut.

Program Kartu Jakarta Pintar (KJS) telah dilaksanakan. Sebanyak 70 ribu lebih pelajar dari tingkat SD sampai SMA dan setingkatnya.

Bank DKI sebagai penyalur dana KJP juga turut memberikan bantuan berupa edukasi perbankan bagi pelajar pemegang kartu Jakarta Pintar.

Acara edukasi perbankan untuk siswa pemegang KJP itu sendiri diadakan di sela- sela acara car free day di simpang Bundaran HI. Acara ini sendiri turut dihadiri Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taufik Yudi Mulyanto dan Dirut Bank DKI Eko Budiwiyono.

Eko Budiwiyono menuturkan, acara yang yang dinamakan Kongkow Bareng (Kobar) Bank DKI ini dilakukan khusus untuk para pelajar pemegang KJP.

"Kartu ini kan merupakan program unggulan di bidang pendidikan hasil inisiasi Pemprov DKI yang diterbitkan dalam bentuk ATM dari Bank DKI," ujar Eko.

Menurut Eko, pendidikan edukasi yang diberikan berupa penanaman nilai-nilai kejujuran dan dasar manajemen pengaturan keuangan bagi pelajar agar dapat mengatur uang dari dana KJP. "Kita berikan pendidikan bagaimana mengatur pengeluaran yang baik," kata dia.

Eko menjelaskan, pemegang Kartu Jakarta Pintar akan dibukakan rekening dalam bentuk Tabungan Monas Pelajar. Pemegang kartu hanya dikenakan biaya administrasi sebesar Rp1.000 per bulan. Untuk menarik uang melalui ATM Bank DKI, siswa pemegang KJP tidak akan dikenai biaya. Namun bila melakukan penarikan di ATM Bank lain akan dikenakan biaya sesuai aturan berlaku.

"Karena itu, pemegang KJP kami imbau untuk melakukan transaksi di ATM Bank DKI saja. Gratis, tidak dipotong biaya," katanya.

Menanggapi hal tersebut, kepala Dinas Pendidikan Taufik Yudi menyambut baik acara kongkow bareng Bank DKI tesebut. "Edukasi perbankan sangat bermanfaat bagi para pelajar ini. Secara bertahapp pada Juni 2013 akan terdistribusi hingga 332.000 KJP bagi para siswa SD, SMP, dan SMA," kata dia.

Acara Kongkow Bareng Bank DKI itu dihadiri oleh ratusan peserta siswa SMP dan SMA dan dari berbagai sekolah yang telah menerima KJP. Selain memberikan pendidikan edukasi, acara tersebut juga dimeriahkan pentas kesenian para pelajar. (YUs)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini