Sukses

Jokowi Cuti ke Medan Jadi Jurkam Effendi Simbolon

Gubernur DKI Jakarta Jokowi izin cuti dan bertolak ke Medan untuk menjadi juru kampanye rekan separtainya di PDIP.

Seusai menghadiri acara Badan Musyawarah Betawi di Asrama Haji Pondok Gede, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi langsung menuju Bandara Soekarno-Hatta untuk menuju Medan, Sumatera Utara.

Jokowi ke Medan diketahui ingin menjadi juru kampanye rekan separtainya, Effendi Simbolon yang berpasangan dengan Djumiran Abdi, calon gubernur dan calon wakil gubernur Sumut dari PDIP.

Kepergian Jokowi ke Medan dibenarkan oleh salah satu ajudan Jokowi di rumah dinas Gubernur DKI. "Iya Bapak tadi langsung ke Soetta, mau ke Medan," kata salah satu ajudan Jokowi yang tak mau disebut namanya di Jakarta, Sabtu (2/3/2013).

Hal serupa juga diutarakan Kepala Pusat Penerangan Kemendagri Rey Donny Nezar. Menurut Donny, Jokowi mengajukan permohonan cuti sejak Selasa 25 Februari dan surat cuti disetujui serta ditandatangani Mendagri Gamawan Fauzi pada Kamis 28 Februari.

"Sudah ada surat cutinya, diajukan Senin. Menteri tanda tangan hari Kamis," kata Donny saat dihubungi Liputan6.com di Jakarta.

Dalam permohonan cutinya, Jokowi juga mencantumkan alasan dia pergi ke Medan, Sumut, secara lengkap.

"Cuti untuk 2 hari, 2 hingga 3 Maret. Izin cuti untuk kampanye di Sumut. Bahkan, jadwal plus waktu plus untuk pasangan siapa pun diajukan dalam pengajuan cuti," ucap Donny.

Sebelumnya, Jokowi juga mengajukan izin kepada Mendagri terkait menjadi jurkam pasangan Pilgub Jabar Rieke Diah Pitaloka-Teten Masduki. Namun Jokowi mengajukan dengan waktu yang dekat. "Yang waktu Rieke ajukannya mepet, jadi Kemendagri enggak punya cukup waktu untuk merespons," ujarnya. (Frd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.