Sukses

Jokowi Disambut Pantun dan Seni Palang Pintu Oleh Bamus Betawi

Jokowi disambut pantun dan tarian ketika menghadiri acara tradisional Palang Pintu yang digelar Bamus Betawi.

Kedekatan penduduk Jakarta pada Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo semakin melekat. Jokowi pun disambut meriah melalui pantun dan tarian ketika menghadiri acara tradisional Palang Pintu yang digelar Badan Musyawarah (Bamus) Betawi.

"Ikan betutul mati ditusuk dalam kuali masaknye. Sebelum Jokowi masuk, kita penuhin dulu persyaratannye," kata seniman dari Sanggar Si Pitung Rudi M Nur, saat menyambut kedatangan Jokowi di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Sabtu (2/3/2013).

Jokowi yang ditemani mantan calon Wakil Gubernur DKI Nachrowi Ramli disambut antusias masyarakat sekitar yang memenuhi area Asrama Haji. Mantan Walikota Solo ini juga mengikuti ritual kesenian Palang Pintu dan sesekali tertawa melihat atraksi yang unik dan lucu.

Palang Pintu merupakan kesenian khas Betawi sebagai persyaratan bagi seseorang untuk masuk dalam seni beladiri pencak silat.

"Mangga bukan sembarang mangga, buah pini kita alap-alapin, saya bangga bukan sembarang bangga, pemimpin gini yang kita arepin," ucap Rudi, seraya mempersilahkan Jokowi masuk ke Gedung Serba Guna 2 Asrama Haji.

Dalam acara itu, dipentaskan pula tarian dan beberapa lagi khas Betawi. Termasuk lagu berjudul 'sim-sim-sim terima kasih sim'. (Sah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini