Sukses

Kekuatan Utama KLB Demokrat Masih Ada Pada Anas

Meski sudah mundur dari kursi Ketua Umum, Anas Urbaningrum dianggap masih memiliki kekuatan saat KLB Partai Demokrat.

Meski sudah berstatus sebagai tersangka dan sudah menyatakan mundur dari Kursi Ketua Umum DPP Partai Demokrat, namun Anas Urbaningrum dianggap masih memiliki pengaruh kuat pada Kongres Luar Biasa (KLB)  Partai Demokrat.

"KLB ini kekuatan utama masih ada di Anas. Jaringan Mas Anas ini luas di seluruh Indonesia," ujar mantan Wakil Direktur Eksekutif Partai Demokrat M Rahmat dalam diskusi bertema 'Efek Anas Makin Panas' di Warung Daun, Jakarta Pusat, Sabtu (2/3/2013).

Menurut Rahmat, halaman-halaman yang hendak dibuka Anas akan lebih banyak tabir politiknya dibanding tabir hukum. "Halaman hukumnya sedikit saja. Yang banyak ya halaman politik," kata dia.

Perubahan dalam Partai Demokrat, lanjut dia, sangat signifikan ketika Anas menjadi Ketua Umum. Demokrat pun mampu menjadi partai yang rutin melakukan kaderisasi dengan baik. Hal ini membuat loyalitas kader Demokrat kepada Anas sangat kuat.

"Demokrat ini partai massa, bukan partai kader. Ketika Anas datang, baru ini mulai berubah karakternya menjadi partai kader. Sehingga loyalitas muncul kepada pimpinan partai," pungkas Rahmat. (Sah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.