Sukses

Daerah Otonomi Baru Tak Akan Pengaruhi Pemilu 2014

Jumlah Daerah Pemilihan pada Pemilu 2014 akan tetap sama meski 12 Undang-undang pemekaran wilayah sudah diserahkan Mendagri pada Sekretaris Daerah.

Meski penyerahan 12 Undang-undang Daerah Otonomi Baru (DOB) di Indonesia telah dilakukan Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) pada Sekretaris Daerah (Sekda), jumlah daerah pemilihan pada Pemilu 2014 masih akan tetap sama. Menurut komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah penambahan jumlah daerah pemilihan pada Pemilu 2014 tidak akan signifikan dibandingkan dengan Pemilu 2009.

Nantinya, 12 DOB ini masih akan terintegrasi dengan daerah induknya pada Pemilu 2014. "Mereka masih mengacu pada dapil induk, setelah 2014 baru akan ada PAW (pergantian antarwaktu)," kata Ferry di Jakarta, Jumat (1/3/2013).

Terkait DOB, KPU akan mempresentasikan jumlah daerah pemilihan (dapil) pada seluruh KPU provinsi dalam waktu dekat. "Pada 3, 4, dan 5 Maret, kami mengundang seluruh KPU provinsi untuk mempresentasikan pendapilan kabupaten dan kota, dan pada 7 Maret akan ditetapkan jumlahnya," kata Komisioner KPU Sigit Pamungkas di kantornya Jumat.

Untuk daerah-daerah pemekaran ini, Sigit menjelaskan nantinya jumlah anggota DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten dan Kota akan disesuaikan. "Jumlah alokasi kursi anggota DPRD untuk daerah pemekaran, baik provinsi maupun kabupaten-kota, akan disesuaikan dengan jumlah penduduk di daerah baru tersebut," tambah Sigit.

Mendagri Gamawan Fauzi pun menegaskan, pembentukan DOB ini tidak bertujuan untuk mengakomodasi kepentingan politik di daerah.

Adapun 1 provinsi dan 11 kabupaten yang termasuk dalam DOB ialah Provinsi Kalimantan Utara, Kabupaten Mahakan Ulu (Kalimantan Timur), Penukal Abab Lematang Ilir (Sumatera Selatan), Pesisir Barat (Lampung), Pangandaran (Jawa Barat), Malaka (NTT), Banggai Laut (Sulawesi Tengah), Kolaka Timur (Sulawesi Tenggara), Mamuju Tengah (Sulawesi Barat). (Tys)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.