Sukses

PAN: Demokrat Lebih Banyak Artisnya

PAN tidak suka dengan julukan partai artis. Partai pimpinan Hatta Rajasa ini menilai Partai Demokrat lebih tepat disebut partai artis.

Daya tarik artis dalam menggaet pemilih tidak lantas membuat Partai Amanat Nasional (PAN) suka dengan julukan partai artis. Partai pimpinan Hatta Rajasa ini menilai Partai Demokrat lebih tepat disebut partai artis.

"Kalau PAN disebut partai artis, salah itu. Jadi kalau dilihat dari jumlah artisnya lebih banyak Partai Demokrat," kata Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP PAN Viva Yoga Mauladi saat ditemui di Gedung Bawaslu, Jakarta, Jumat (1/3/2013).

Partai Demokrat, lanjut Viva, banyak memiliki anggota DPR dari kalangan artis. Sedangkan artis di PAN yang menjadi anggota DPR dan DPRD hanya 3 orang. "Artis dari PAN yang ada di DPR itu cuma 2 ekor yaitu Eko Patrio dan Primus. Lalu DPRD Provinsi hanya Wanda Hamidah, jadi cuma 3 kan," kata Viva.

"Kalo Demokrat itu ada Komar, Angelina Sondakh, Ingrid Kansil, Venna Melinda, (Alm) Adjie Masaid, dan Tere. Jadi lebih banyak yang dari Demokrat ketimbang dari PAN," tambahnya.

Meski demikian, anggota Presidium Keluarga Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) ini memastikan partainya tidak alergi terhadap artis. Dalam proses penyusunan nomor urut caleg tidak akan ada kecemburuan antara artis dan bukan artis.

Viva menjelaskan, semua caleg PAN harus melalui rangkaian tes berat. Termasuk tes urine untuk memastikan mereka tidak memakai narkoba. "Minggu depan kita akan melakukan tes psikologi untuk seluruh caleg itu Kamis depan. Di dalamnya ada tes urine juga. Karena kan PAN itu partai anti narkoba," tandasnya.

Daftar caleg sementara PAN, ungkap Viva, sudah rampung sejak awal. Bahkan jumlah bakal caleg DPR yang sudah mendaftar di PAN sudah mencapai 735 orang. Padahal jumlah maksimal yang ditentukan hanya 560 orang. (Sah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini