Sukses

Politisi PAN: Artis Mau Nyaleg Mesti Hati-hati

Viva Yoga Mauladi menyodorkan bukti, pada pemilu 2009, ada 21 artis yang mencalonkan diri sebagai anggota DPR. Tapi, hanya 3 orang yang terpilih.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi mengatakan artis yang ingin menjadi calon anggota legislatif (Caleg) harus berhati-hati. Sebab, menurutnya, popularitas artis tidak sebanding lurus dengan elektabilitas yang dimiliki.

Viva menyodorkan bukti, pada pemilu 2009, ada 21 artis yang mencalonkan diri sebagai anggota DPR. Tapi, hanya 3 orang yang terpilih.

"Nah, itu lampu kuning buat artis. Karena popularitas tidak berbanding lurus dengan elektabilitas. Kalau cuma dikenal saja, tidak akan dipilih kecuali punya jaringan ke bawah. Jadi hati-hatilah artis kalau mau mencalonkan diri," kata Viva saat ditemui usai diskusi di kantor Bawaslu, Jakarta, Jumat (1/3/2013).

Viva yang juga merupakan anggota Komisi IV DPR RI ini menjelaskan, artis yang bukan kader murni dari PAN tapi ingin menjadi caleg dari PAN tidak boleh menggunakan jaringan partai untuk merekrut suara pada saat pemilihan. Mereka yang bukan merupakan kader PAN murni harus memiliki jaringan di luar partai.

Karena itu, ia mengimbau agar caleg-caleg artis harus sering turun ke bawah sehingga dekat dengan masyarakat. "Karena itu, artis yang nonkader ditegaskan oleh partai tidak boleh menggunakan jaringan di dalam partai dan harus membuat jaringan di luar partai. Lalu dia harus sering-sering turun ke bawah," tukasnya. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini