Sukses

VIDEO: Artis Berbondong-bondong Nyaleg Pemilu 2014

Belakangan ini, semakin banyak artis yang terjun ke dunia politik, baik dalam pemilihan kepala daerah maupun pemilihan anggota legislatif.

Belakangan ini, semakin banyak artis yang terjun ke dunia politik, baik dalam pemilihan kepala daerah maupun pemilihan anggota legislatif. Para artis berbondong-bondong menyalonkan diri menjadi calon legislatif (caleg). Pengamat menilai, langkah parpol menggaet artis untuk memanfaatkan popularitas, menunjukkan lemahnya kaderisasi partai.

Bukan sulap, bukan sihir. Berbekal popularitas dan dukungan dari Partai Hanura, pesulap Limbad akan maju dalam Pilkada Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Oktober 2013. Meski berniat jadi bupati, pesulap ini tetap mempertahankan gayanya: tidak mengeluarkan suaranya meski sedang diwawancarai.

Tidak hanya di pilkada, banyak pula artis yang bersiap untuk berlaga dalam Pemilu 2014 mendatang. Pada Kamis 28 Februari 2013 kemarin, PKB memperkenalkan sejumlah artis yang bergabung dengan partai ini, seperti Krisna Mukti, Tommy Kurniawan, Arzeti Bilbina, Said Bajuri dan sejumlah artis lainnya.

Sebelumnya, PKB menggaet Rhoma Irama yang mendeklarasikan dirinya sebagai calon presiden 2014. Sang Raja Dangdut memang sangat populer di masyarakat.

Partai Amanat Nasional (PAN) juga banyak menggaet artis untuk bertarung di Pemilu 2014 mendatang. Para artis papan atas, mulai Desy Ratnasari, Hengky Kurniawan, Dwiki Darmawan hingga Ikang Fauzi diproyeksikan menjadi Caleg PAN.

Tidak mau ketinggalan, Partai Hanura mulai menarik para pesohor. Penyanyi Krisdayanti juga dikabarkan bergabung dengan Hanura.

Pengamat politik dari Universitas Paramadina Dinna Wisnu berpendapat, langkah parpol menggaet artis tersebut menunjukkan lemahnya kaderisasi partai politik. Menurutnya, mendapuk popularitas lewat artis hanya akan menghambat perkembangan demokrasi. (Riz) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini