by

FOTO: Inspeksi Peralatan Satgas Kizi TNI di Kongo

  • Citizen6
  • 0
  • 01 Mar 2013 14:16
Citizen6, Kongo: Tim Inspeksi COE (Contingent Owned Equipment) MONUSCO (Mission de I’Organisation de republic des Nation Unies Pour la Stabilisation en Republique Democratique du Congo) yang diketuai oleh Mr. James Boima beserta 3 orang stafnya, beberapa waktu lalu melakukan inspeksi.

Inspeksi dilakukan terhadap keseluruhan peralatan dan perlengkapan yang dimiliki Satgas Kizi TNI Konga XX-J/Monusco yang saat ini tengah melaksanakan tugas misi perdamaian PBB di Republik Demokratik Kongo.

Kedatangan tim inspeksi diterima langsung oleh Dansatgas Konga XX-J/Monusco Letkol Czi Irfan Siddiq beserta perwira staf di Bumi Nusantara Camp, selanjutnya menuju Aula Sudirman guna menerima paparan singkat dari Dansatgas.

Pemeriksaan yang rutin dilaksanakan setiap 3 bulan sekali ini bertujuan untuk memeriksa kondisi dan kesiapan operasional seluruh peralatan serta perlengkapan yang digunakan selama misi di Kongo. Keseluruhan peralatan dan perlengkapan tersebut harus sesuai dengan standar yang telah disepakati dalam MoU antara Pemerintah Republik Indonesia dengan PBB. Selanjutnya hasil inspeksi COE ini, menjadi dasar pemberian reimbursment kepada Pemerintah Republik Indonesia.
 
Pemeriksaan dibagi menjadi 2 bagian, yaitu pemeriksaan terhadap major equipment dan self-sustainment. Major Equipment meliputi kendaraan dan alat-alat berat zeni sedangkan self-sustainment meliputi semua perlengkapan yang mendukung kegiatan sehari-hari. Di antaranya sarana tempat tinggal, dapur, alat komunikasi, dan perlengkapan perorangan prajurit.

Inspeksi juga dilakukan di 2 tempat, yakni di Base Camp Bumi Nusantara dan di lokasi-lokasi tempat prajurit bekerja. Hal ini dikarenakan saat ini Kontingen Garuda masih melaksanakan beberapa tugas-tugas zeni yang diberikan dari Brigade Ituri.

Dari hasil pemeriksaan keseluruhan peralatan dan perlengkapan yang dimiliki Satgas Kizi TNI Konga XX-J mendapatkan kategori lulus sesuai dengan standar yang ditetapkan. Meskipun masih ada kekurangan, mengingat kondisi peralatan yang memang sudah tua.

Kondisi ini mendapat perhatian khusus dari tim COE karena berkaitan dengan keselamatan kerja para prajurit di lapangan. Beberapa di antaranya agar dilaksanakan disposal terhadap peralatan yang memiliki kondisi rusak berat dan segera melaksanakan perbaikan terhadap alat-alat yang rusak ringan untuk menunjang pekerjaan selama misi.
 
Pada akhir inspeksi, Mr James Boima beserta rombongan menyampaikan rasa hormat dan terima kasih kepada seluruh prajurit TNI yang telah bekerja dengan baik dan profesional. Meskipun tidak sedikit peralatan yang dimiliki Kontingen Garuda telah melebihi batas usia pakai. (Badarudin Bakri/Mar)


Badarudin Bakri adalah pewarta berita.


*Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke citizen6@liputan6.com

Comments
Sign in to post a comment