Sukses

Angelina de La Paz, Domba Tercantik Se-Kolombia

Penilaian buat domba berusia empat tahun itu didasarkan pada kreativitas tata rias dan ketebalan bulu Angelina de La Paz. Penyelenggara berharap, momentum unik ini bakal mengikutsertakan peserta mancanegara.

Liputan6.com, Paipa: Lain ladang, beda pula belalangnya. Biri-biri atau domba mungkin dipandang sebelah mata di negeri ini. Namun di Kolombia, hewan pemamah biak berbulu lebat itu justru dijadikan hewan kesayangan masyarakat setempat. Tak heran lantaran saking sayangnya, warga Negeri Kopi itu acap mendandani domba piaraannya untuk diikutsertakan dalam kontes kecantikan yang digelar setiap tahun. Seperti yang diselenggarakan baru-baru ini di Kota Paipa, Provinsi Boyaca, sekitar 130 kilometer sebelah timur laut ibu kota Bogota, Kolombia, misalnya.

Kiat mempersolek sang domba tampaknya tak memikirkan jumlah kocek yang mesti dirogoh. Tengok saja. Ada domba yang sengaja tampil dengan balutan gaun tradisional khas Kolombia, berkacamata plus rambut palsu, atau sekadar menggunakan topi hias. Usai didandani, setiap domba mesti berjalan bak seorang peragawati di atas pentas. Setiap tingkah laku plus penampilan yang disodorkan akan mendapat penilaian penonton dan tim juri.

Penilaian itu didasarkan pada kreativitas tata rias domba dan ketebalan bulu sang domba. Lewat seleksi ketat, akhirnya tim juri menobatkan Angelina de La Paz, domba berusia empat tahun sebagai domba tercantik se-Kolombia untuk tahun ini. Domba betina itu tampil sederhana dengan mengenakan sepasang sayap putih yang membentang di atas punggungnya, bak burung. Dia mendapat sebuah mahkota mungil tanda kemenangan. Para penyelenggara berharap, momentum unik tahunan tersebut bakal berkembang dengan mengikutsertakan peserta mancanegara.

Kasih sayang terhadap hewan piaran memang beragam bentuknya. Selain model kecantikan yang tahun ini disabet Angelina de La Paz, warga Inggris pun sempat menggelar Kompetisi Anjing Crufts di National Exhibition Center, Birmingham, turnamen khusus anjing yang menyabet berbagai gelar bergengsi [baca: Anjing Peliharaan Berebut Yang Terbaik di Birmingham]. Kompetisi sejak 1891 dan kali ini diselenggarakan Kennel Club itu tak hanya memperlombakan penampilan anjing. Kegesitan atau kelincahan dan kepatuhan hewan juga masuk kategori buat menjadi sang juara.(BMI/Nurul Larasati)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.