Sukses

Di Pernikahan Kedua, Irjen Djoko Susilo Juga Mengaku Lajang

Dari pernikahan itu diketahui Djoko Susilo masih berstatus lajang alias belum menikah.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita dokumen pernikahan kedua Irjen Pol Djoko Susilo dari Kantor Urusan Agama (KUA) Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Dari pernikahan itu diketahui Djoko Susilo masih berstatus lajang alias belum menikah.

"Status saat itu untuk Djoko Susilo, swasta dan perjaka. Sedangkan untuk Mahdiana, swasta dan belum menikah," kata petugas Tata Usaha KUA Pasar Minggu, Suprapto saat ditemui Liputan6.com di kantornya, Jalan Raya Jati Padang Nomor 15, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (28/2/2013).

Akad nikah sang jenderal dengan Mahdiana berlangsung pada 27 Mei 2001 dengan nomor akte nikah 818/129/V/2001 Senin tanggal 14 Mei 2001. Surat pengajuan nikah, kata Suprapto dikirim dari kelurahan Tanah Sareal, Bogor, Jawa Barat.

"Dalam dokumen nikah menggunakan nama Joko Susilo, tapi dalam sighat taklik memakai nama Djoko Susilo," kata dia. Sighat Taklik merupakan ikrar yang dibaca suami usai ijab-qabul.

Ini merupakan data pernikahan ketiga Djoko Susilo. Setelah sebelumnya, diketahui menikahi Putri Solo 2008, Dipta Anindita di KUA Grogol, Sukoharjo, Jawa Tengah, pada Desember 2008. Dirunut dari tanggal pernikahan, Dipta diduga merupakan istri ketiga. Djoko juga tercatat menikahi Suratmi di Madiun, Jawa Timur. Suratmi diduga merupakan istri pertama. Karena pada 21 Mei 2001, Djoko Susilo menikahi Mahdiana.

Dlaam dua pernikahan itu, Djoko memalsukan data status 'lajang'. Menanggapi hal ini, salah satu pengacara Djoko Susilo, Juniver Girsang sudah pernah menanggapi. Juniver tidak ingin terlalu menanggapi kasus pernikahan kliennya dengan Dipta.

"Apa kaitannya dengan kasus simulator? Kami fokus ke simulator saja. Dipercepat kasusnya, segera disidangkan," kata Juniver dalam perbincangan dengan Liputan6.com, Jumat (15/2/2013). (Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini