Sukses

Ini 3 Kandidat Terbaik Pengganti Anas?

Partai Demokrat (PD) belum membicarakan siapa pengganti Anas Urbaningrum untuk menjabat Ketua Umum PD.

Partai Demokrat (PD) belum membicarakan siapa pengganti Anas Urbaningrum untuk menjabat Ketua Umum PD. Sampai saat ini, jabatan yang kosong itu diambil alih Pelaksana Tugas (Plt) yang terdiri dari Wakil Ketua Umum, Sekjen, dan Direktur Eksekutif.

Direktur Eksekutif Indobarometer M Qodari menyatakan Demokrat harus segera mencari Ketua Umum PD baru. Menurutnya, hal ini diperlukan agar proses penandatanganan Daftar Caleg Sementara (DCS) berjalan mulus.

"Mau tidak mau, Demokrat harus cari Ketum PD yang baru. Pertama, untuk penandatanganan DCS. Itu mungkin bisa diwakili Plt. Tapi statement dari KPU jelas, mereka ingin ada Ketua Umum," ungkap M Qodari, di Gedung DPR, Jakarta Pusat, Kamis (28/2/2013).

Qodari menilai setidaknya 3 tiga tokoh yang menjadi kandidat terbaik menggantikan Anas. Yakni Marzuki Alie, Saan Mustopa, dan Jero Wacik.

"Yang punya history, Marzuki Alie. Kedua, yang dilupakan tapi jangan (dilupakan), yaitu kubu anas atau KSAU (Kepala Staf Anas Urbaningrum), yaitu Saan Mustopa. Ketiga, pengganti Andi Mallarangeng. Maksud saya orang yang dekat dengan SBY, yang bisa representasi SBY. Kalau menurut saya itu Jero Wacik," tuturnya.

Sementara itu, pengamat politik dari Charta Politica Yunarto Wijaya memprediksi, Ketua Majelis Tinggi sekaligus Ketua Dewan Pembina Susilo Bambang Yudhoyono tidak akan memasukkan nama anaknya, Edhi Baskoro Yudhoyono untuk mengisi kursi Ketum PD yang baru.

"Karena takut, anggapan yang beredar di publik menjadi kenyataan, bahwa Anas sengaja digeser," imbuhnya.

Anas ditetapkan sebagai tersangka KPK pada Jumat 22 Februari 2013, terkait grafitikasi mobil Harrier di kasus proyek Hambalang. Kemudian, esok harinya, Sabtu 23 Februari 2013, Anas mengundurkan diri dari Ketua Umum PD. (Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.