Sukses

Survei: Ini 3 Partai yang Diprediksi Jadi Penguasa Kursi Parlemen

Hasil survei National Leadership Center (NLC) yang bekerja sama dengan lembaga riset internasional Taylor Nelson Sofres (TNS) memprediksi hanya 3 partai yang mampu menjadi penguasa kursi-kursi di parlemen.

Hasil survei National Leadership Center (NLC) yang bekerja sama dengan lembaga riset internasional Taylor Nelson Sofres (TNS) memprediksi hanya 3 partai yang mampu menjadi penguasa kursi-kursi di parlemen.

"Untuk saat ini, hanya Gerindra, PDIP, dan Golkar yang memiliki basis pemilih yang cukup kuat dan berpotensi untuk memenangkan lebih dari 20 persen kursi di parlemen pada pemilu 2014," ujar Technical Advisor TNS, Yanti Zen, di Hotel Atlet Century, Jakarta, Kamis (28/2/2013).

Di antara ketiga partai itu, Gerindra menjadi partai yang berada di urutan pertama dengan elektabilitas tinggi. Alasannya, Gerindra tidak terkena masalah.

"Gerindra relatif paling tidak kena gonjang-ganjing. Mungkin itu salah satu sebabnya partai itu bisa berada di puncak," tambah Presiden Direktur NLC, Taufik Bahaudin.

Selain itu, partai yang dianggap sebagai penguasa saat ini yakni Partai Demokrat justru tidak masuk dalam 3 besar. Hal itu terjadi karena prahara yang mendera partai berlambang mercy tersebut.

"Saat mensurvei pada pertengahan Januari, Demokrat pada saat itu sedang gonjang-ganjing sehingga elektabilitasnya segitu," ungkap Taufik.

Sebelumnya, hasil survei memperlihatkan partai besutan Prabowo yakni Partai Gerindra paling diminati oleh masyarakat. Hasil lengkap survei berturut-turut, Gerindra 26%, PDIP 25%, Golkar 18%, Demokrat 8%, PPP 3%, PKS 3%, Partai NasDem 3%, PKB 2%, PAN 2% dan Hanura 2%.

Hasil survei dilaksanakan pada 14 sampai 19 Januari 2013. Dilakukan secara acak pada 2.020 responden yang berasal dari 31 provinsi di Indonesia. Survei tersebut memiliki tingkat kesalahan kurang dari 4 persen. (Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini