Sukses

Survei NLC: Elektabilitas Demokrat Tinggal 8 %

Pada survei yang ini, Gerindra berhasil mengalahkan berbagai partai politik besar lainnya dengan presentase sebesar 26% dari 2.020 responden.

Partai Demokrat kembali terperosok dari perolehan hasil survei. Perolehan suara partai pemenang Pemilu tahun 2009 itu kembali mencapai titik terendah yakni 8 %.

"Masyarakat cenderung memilih Partai Gerindra," kata Presiden Direktur NLC Taufik Bahaudin di Hotel Atlet Century, Senayan, Jakarta, Kamis (28/2/2013). Prosentasi elektabilitas Demokrat ini tak jauh berbeda dengan yang pernah disampaikan Saiful Mujani Research Center beberapa waktu lalu.

Survei ini dilaksanakan pada 14-19 Januari 2013. Sebanyak 2.020 responden pada survei ini berasal dari 31 provinsi di Indonesia yang terpilih secara acak dengan margin of error kurang dari 4 persen.

"Karena ini disurvei pertengahan Januari. Itu saat permulaan Demokrat baru terkena gonjang-ganjing menjelang turunnya Anas Urbaningrum," kata Taufik.

Gerindra patut bergembira hati. Kali ini, partai besutan Prabowo Subianto itu masuk sebagai partai teratas pilihan masyarakat dalam survei National Leadership Center (NLC) yang bekerja sama dengan lembaga riset internasional Taylor Nelson Sofres (TNS).

Pada survei yang ini, Gerindra berhasil mengalahkan berbagai partai politik besar lainnya dengan presentase sebesar 26% dari 2.020 responden. "Kecenderungan masyarakat terhadap pilihan partai politik dimana Gerindra, PDIP, Golkar, Demokrat, dan PPP secara berurutan menjadi lima partai terunggul," imbuh Taufik.

Berikut hasil survei parpol pilihan masyarakat NLC:

1. Gerindra 26%
2. PDIP 25%
3. Golkar 18%
4. Demokrat 8%
5. PPP 3%
6. PKS 3%
7. Nasdem 3%
8. PKB 2%
9. PAN 2%
10 Hanura 2%

(Ndy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.