Sukses

Pensiun, Paus Benediktus Langsung Terbang ke Kastil Gandolfo

Paus akan tetap menggunakan nama "Benediktus XVI" dari pada menggunakan nama aslinya Joseph Ratzinger.

Paus Benekditus secara resmi mengundurkan dirinya pada hari Kamis (28/2/2013). Paus dilaporkan akan menuju kediaman musim panasnya di Kastil Gandolfo, yang berjarak 24 km dari Roma, dengan menggunakan helikopter.

Namun ada hal-hal unik dari pengunduran diri Paus ini. Yang pertama, karena dia akan tetap menggunakan nama "Benediktus XVI" dari pada menggunakan nama aslinya Joseph Ratzinger.

Bahkan seperti yang dilansir dari BBC, Paus akan tetap menggunakan jubah jubah tanpa mantel layaknya "bapa suci" bagi umat Khatolik.

Berdasarkan keterangan yang disebutkan oleh pihak Vatikan, Benediktus XVI akan menjadi "pesiunan paus" dan akan menghabiskan masa pensiunnya dengan berdoa. Namun sebelumnya Paus akan menyerahkan cincin emasnya yang dikenal sebagai cincin nelayan. Serta segelnya akan dihancurkan dengan cara layaknya Paus meninggal.

Yang kedua ini adalah ketika Paus memutuskan untuk mengundurkan diri. Ini merupakan hal yang banyak mengejutkan banyak orang, bukan hanya jemaatnya saja. Seperti yang dilansir BBC News, sebelumnya tidak pernah ada Paus yang memutuskan untuk mengundurkan diri sejak Paus Gregory XII pada tahun 1415.

Untuk pemilihan Paus yang baru, akan dilakukan pada tanggal 4 Maret 2013 mendatang dan dipilih oleh para kardinal dari berbagai negara dengan menggelar Konklaf. Pemilihan tersebut akan dilakukan oleh 115 kardinal, yang usianya di bawah 80 tahun yang bertempat di Kapel Sistine Vatikan. (Ary)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini