Sukses

VIDEO: Bali Diakui Dunia Sebagai Gudangnya Seniman Lukis

Bali diakui dunia sebagai gudangnya seniman lukis dengan karakter khas Bali, desa Kamasan di Klungkung-Bali menjadi sentra lukisan tradisional.

Bali diakui dunia sebagai gudangnya seniman lukis dengan karakter khasnya. Desa Kamasan di Klungkung, Bali, menjadi sentra lukisan tradisional, pewarnaan menggunakan tinta berbahan alami seperti batu pere yang berasal dari dasar laut.

Kamasan adalah desa seni di Kabupaten Klungkung, Bali yang hingga kini masih bertahan di tengah perkembangan teknologi. Seniman di desa ini menghasilkan lukisan dengan obyek pewayangan lengkap dengan makna dan filosofinya.

Menurut I Ketut Madra yang sudah menekuni lukisan ini secara turun temurun, membuat lukisan kamasan cukup rumit. Kain belacu yang menjadi kanvas harus dicuci bersih terlebih dahulu dan disetrika. Tintanya terbuat dari batu pere yang berasal dari dasar lautan yang hanya bisa didapatkan saat laut sedang surut.

Tak hanya masyarakat lokal lukisan kamasan ternyata sangat digemari pecinta seni dari mancanegara. Berbeda dengan harga lukisan biasa lukisan kamasan harganya mulai dari Rp 600 ribu hingga Rp 3 juta per meter. Karena kesulitan dan kerumitan proses pembuatannya. (Fik)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.