by

Kota Bogor, Pusat Grosir Sepatu dan Sandal

  • Daerah
  • 0
  • 16 Des 2000 19:11
Liputan6.com, Bogor: Selain terkenal sebagai Kota Hujan, Bogor juga menyimpan potensi lain yang tak kalah dibandingkan kota-kota lain di Indonesia. Potensi itu adalah pusat perdagangan grosir untuk sepatu dan sandal. Kelebihan tempat itu adalah barang yang ditawarkan memiliki desain menarik dengan kualitas yang cukup memadai. Bahkan, harganya pun bisa lebih murah ketimbang pasar sejenis seperti di Pasar Mangga Dua, Jakarta.

Pusat grosir itu berlokasi di Pasar Anyar yang berdampingan dengan Stasiun Kereta Api Bogor. Menurut hasil pantauan SCTV, Sabtu (16/12), produk yang mereka tawarkan adalah buatan industri rumah. Selain menggelar dagangannya, para pedagang di sana juga melempar hasil kerjaannya ke sejumlah daerah. Terkadang dalam sebulan, mereka dapat mengirim ratusan kodi sandal dan sepatu dalam berbagai jenis. Harga yang mereka tawarkan, tentunya lebih murah karena yang dijual adalah hasil produksi pribadi.

Namun sayang, sebagian pedagang di Pasar Anyar mengaku tahun ini mengalami penurunan omzet. Hal tersebut diamini Afrianto, yang sudah beberapa lama berdagang sandal dan sepatu di tempat itu. Tapi kendati mengalami penurunan omzet, ia mengaku tetap dapat menangguk keuntungan meski tak seberapa besar.

Afrianto juga mengaku lebih senang jika pelanggannya para pedagang kecil. Alasannya, mereka lebih sering datang dan berbelanja meskipun hanya seperempat kodi. Dengan begitu, perputaran uangnya justru lebih cepat. Namun, kesempatan tetap terbuka bagi pembeli eceran. Di pasar ini, tambah Afrianto, terdapat kios khusus yang ada di samping pusat grosir tersebut.(ICH/Mira Permatasari dan Julianus Kriswantoro)
Comments
Sign in to post a comment