Sukses

VIDEO: Tak Dapat Fasilitas RS, Bayi Hikmah Meninggal

Lagi-lagi seorang bayi warga miskin di Jakarta meninggal dunia dikarena kurangnya pelayanan di Rumah Sakit RSCM Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo.

Lagi-lagi seorang bayi warga miskin di Jakarta, Hikmah Fitriyatul Uyum meninggal dunia karena kurangnya pelayanan di rumah sakit.

Bayi berusia 1 tahun 3 bulan itu 'berpulang' karena tak mendapat fasilitas ruang rawat khusus bayi (PICU) di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM). Ia meninggal dunia karena mengalami gizi buruk dan gangguan pernafasan, Selasa 26 Februari 2013, sekitar pukul 09.00 WIB.

Air mata Suparjo Rustam, warga miskin yang tinggal di permukiman pemulung di Jalan Haji Ten Rawasari, Jakarta timur ini tak terbendung melihat jasad Hikmah -- anak bungsunya yang masih bayi.

Hikmah yang sempat dirawat selama 15 hari di ruang rawat inap RSCM akhirnya meninggal dunia. Hal ini diduga karena pihak rumah sakit tidak memberikan pelayanan maksimal berupa PICU. Akibatnya, Hikmah mengalami serangan gagal pernafasan.

Ironisnya, Rustam justru disarankan mencari rumah sakit lain yang dilengkapi ruang rawat PICU. Keterbatasan pengetahuan dan biaya membuatnya tidak mampu berbuat banyak, hingga akhirnya putri bungsunya menghembuskan nafas terakhir.

Jasad Hikmah kemudian digendong sang ayah dan dibawa pulang ke rumah dengan menggunakan mobil Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta. Hikmah akan beristirahat selamanya di samping sang ibu yang juga telah meninggal dunia sebulan lalu. (Fik)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.