Sukses

Jalan Layang Mahal, Pemprov DKI Pilih Lebarkan Jalan Muara Baru

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan melaksanakan proyek pelebaran jalan di kawasan Gedong Panjang, Jalan Muara Baru, Jakarta Utara.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan melaksanakan proyek pelebaran jalan di kawasan Muara Baru, Jakarta Utara. Pelebaran jalan dimaksudkan untuk mempermudah akses jalan bagi nelayan ke Pelabuhan.

Pemerintah pusat pada prinsipnya menginginkan agar di kawasan Pelabuhan Samudra terdapat 300 hektare kawasan pengolahan ikan. Pemerintah pusat berencana membuat jalan layang.

Namun hal itu dibatalkan. Sebab menurut Ahok pembangunan jalan layang membutuhkan biaya sangat besar. Sehingga Pemrov DKI ingin mencoba cara lain, yaitu dengan pelebaran jalan.

"Dan pemerintah akan membangun jalan layang. Tapi jalan layang lebih bahaya lagi biayanya kan," ujar Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok usai pertemuan dengan Kepala Dinas Pekerjaan Umum DKI Manggas Rudy Siahaan di Balaikota, Jakarta, Selasa (26/2/2013).

Sayangnya pada 26 meter ROW/DMJ di Muara Baru, malah digunakan warga dengan membuat bangunan-bangunan. Dampak bangunan-bangunan itu sekarang malah menimbulkan kemacetan.

"Itu yang membuat hampir 1 jam lebih untuk perjalanan 2 kilometer lebih. Itu kan merugikan pengusaha. Makanya kita lihat siapa yang buat, siapa yang sewa, apa bisa ganti rugi atau ganti untung," kata Ahok.

Untuk dana proyek pelebaran jalan, jelas Ahok, tergantung dari pemerintah pusat. Begitu pula dengan waktu pelaksanaannya karena masih dalam proses pendataan.(Ais)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini