Sukses

VIDEO: Diduga Terpapar H5N1, Ratusan Itik di Bantul Mati Mendadak

Ratusan itik milik peternak di Bantul, Yogyakarta, mati mendadak dalam seminggu terakhir yang diduga karena virus flu burung H5N1.

Ratusan itik milik peternak di Bantul, Yogyakarta, mati mendadak dalam seminggu terakhir. Seperti itik milik Sarjowiyono, warga Desa Baros, Bantul, sebelum akhirnya mati. Dalam seminggu terakhir, lebih dari 60 itik miliknya mati mendadak setelah mengalami gejala mirip kejang.

Awalnya itik-itik yang mati terlihat berputar-putar dan menggelepar hingga akhirnya tak lagi mampu berdiri. Dalam hitungan jam, hewan ternaknya itu satu per satu mati meski beragam cara pengobatan sudah ia lakukan.

Kematian itik dengan gejala yang sama tidak hanya menimpa Sarjowiyono. Puluhan peternak di desa yang berdekatan dengan muara Sungai Opak ini juga mengalami kerugian akibat ratusan unggas peliharaannya mati mendadak.

Untuk menghindari dampak lebih luas, petugas mengimbau warga tidak kontak langsung dengan unggas. Petugas juga membawa sampel untuk diteliti lebih lanjut, sementara sisanya dimusnahkan dengan cara dibakar.

Berdasar penelitan yang dilakukan petugas kesehatan hewan, kematian itik diduga karena virus flu burung H5N1.(Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini