Sukses

Hujan Deras, Ponorogo dan Kediri Terendam Banjir

Hujan deras yang terjadi sepanjang malam menyebabkan talud penahan jalan di Ponorogo, Jawa Timur, ambrol.

Hujan deras yang terjadi sepanjang malam menyebabkan talud penahan jalan di Ponorogo, Jawa Timur, ambrol. Salah satu akibatnya, rumah Purwoto di Desa Ngadirojo, Kecamatan Sooko, Ponorogo, yang baru dibangun 6 bulan lalu rusak parah akibat diterjang talut penahan jalan yang ambrol, Senin (25/2/2013).

Selain dinding, pondasi dan tiang penyangga rumah juga roboh. Beruntung tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Musibah terjadi ketika wilayah ini diguyur hujan lebat sepanjang malam. Diduga karena tidak kuat, talud penahan jalan ambles dan longsor.

Karena terletak di atas rumah Purwoto, material longsor kemudian menimpa dan merobohkan rumah korban. Kini, puluhan warga resah karena banyak rumah warga terdapat di bawah talud jalan.

Di Kediri, Jatim, sebuah jalan di Kecamatan Kandangan juga ambrol diterjang banjir lahar dingin. Jalan alternatif sepanjang 50 meter ini ambrol tergerus lahar dingin yang mengalir ke anak Sungai Konto.

Akibat putusnya jalan ini, aktivitas warga terganggu. Selain mengakibatkan jalan ambrol, banjir juga merusak tanaman padi dan palawija milik petani yang berada disekitar anak Sungai Konto. Untuk beraktivitas sehari-hari, warga terpaksa berjalan kaki memutar sejauh 16 kilometer.(ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini