Sukses

Mendagri: Wakil Bupati Garut Jadi Plt Bupati

Dengan pemberhentian itu, secara otomatis Wakil Bupati Garut Agus Hamdani naik menggantikan Aceng.

Jabatan Bupati Garut yang diemban Aceng HM Fikri berakhir dengan diserahkannya surat pemberhentian oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan pagi tadi. Dengan pemberhentian itu, secara otomatis Wakil Bupati Garut Agus Hamdani naik menggantikan Aceng.

"Dalam surat yang saya kirimkan ke Gubernur Jawa Barat itu memang secara otomatis wakil bupati naik menjadi pelaksana tetap bupati," jelas Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi di Istana Negara, Jakarta, Senin (25/2/2013).

Sedangkan soal posisi Bupati Garut yang definitif itu akan melalui prosedur tersendiri. "Kita akan tunggu usulan dari DPRD Garut, setelah itu baru kita bisa mendapatkan Bupati Garut yang definitif," ujar mantan Gubernur Sumatera Barat ini.

Aceng Fikri pagi tadi memenuhi panggilan Ahmad Heryawan ke Gedung Sate, Bandung. Kedatangan bupati yang tersandung kasus nikah siri kilat itu untuk menerima surat pemberhentian dari jabatan bupati.

Pemberhentian ini merupakan akhir dari sebuah rangkaian panjang sejak proses di DPRD Garut hingga Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyetujui pemakzulan Aceng. (Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.