Chairuman-Fadly Safari Bahari Bersama Nelayan Belawan

  • Citizen6
  • 0
  • 25 Feb 2013 11:16

130225acawagub.jpg
Citizen6, Belawan: Kampanye pasangan Dr H Chairuman Harahap dan H Fadly Nurzal kali ini terbilang unik dan menarik. Apa yang membuatnya unik dan menarik?

Karena dengan perahu kapal berukuran sedang, kedua pasangan ini mengarungi perairan Belawan dan melakukan safari baharinya dengan didampingi sejumlah nelayan.

Calon Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) bernomor urut 3, Chairuman dan Fadly sangat disambut antusias oleh masyarakat Belawan. Dengan menaiki sampan nelayan, pasangan Cagubsu ini melakukan kampanye berkeliling perairan belawan mulai dari Titi Labuhan, TPI Belawan hingga ke Tangkahan Sundari, Kelurahan Belawan I, pada 23 Februari 2013.

Perjalanan pasangan Cagubsu sepanjang lebih kurang 6 kilo dari Pekan Labuhan sampai dengan di kawasan Lorong Masjid, Kelurahan Bagandeli, Kecamatan Medan Belawan, lalu dilanjutkan Fadly hingga Ketangkahan Sundari cukup mengundang perhatian para nelayan serta masyarakat pinggiran sungai Belawan.

Salam tiga jari pun menjadi simbol keakraban bagi pasangan Chairuman dan Fadly ketika menyapa masyarakat dan nelayan, termasuk mereka yang dilalui sepanjang perjalanan.

Dengan didampingi para tim suksesnya, yakni M Saprik Sani Tarigan, Zul Syah, dan Rusli AS dari elemen masyarakat nelayan Forum Taruna Nelayan Indonesia (FTNI) Kota Medan dan Ketua Golkar Medan Labuhan Mulia, Asri Rambe alias Bayek, pasangan Charly yang diusung Partai Golkar dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP)setibanya di sejumlah tangkahan milik masyarakat nelayan langsung disambut dengan teriakan hidup Pak Chairuman Padly. Tak lupa pula lambaian tangan salam tiga jari dan bendera-bendera yang bertuliskan Chairuman-Padly.

Pasangan Charly juga sempat bertemu masyarakat pesisir Belawan dan Pekan Labuhan. Bahkan Cagubsu Chairuman Harahap sempat mendengarkan keluhan masyarakat nelayan soal sudah rendahnya kondisi kolong jembatan Sungai Deli. Manakala air pasang maupun tinggi, air dari Sungai Deli menyebabkan ratusan kapal nelayan tidak bisa melintasi kolong jembatan.

Dengan kondisi ini, masyarakat nelayan berharap, kelak Chairuman dan Fadly menang Pilgubsu menjadi Gubenur dan wakil agar dapat membangun jembatan Sungai Deli. Hingga nantinya kapal- kapal ikan milik nelayan leluasa melintasi kolong jembatan Sungai Deli yang dulunya dikenal dengan nama jembatan kuning tersebut.

Di Lorong Masjid, Kelurahan Bagan Deli, Kecamatan Medan Belawan, kedua pasangan yang sama-sama aktif sebagai wakil rakyat juga berkesempatan meninjau lokasi penduduk bekas korban kebakaran tahun lalu yang memusnahkan sejumlah rumah milik 38 Kepala Keluarga (KK). Di tempat ini Chairuman Harahap menegaskan melalui kehendak politiknya, kedepannya dia akan berupaya membangun masyarakat nelayan dan ekonomi mereka.

"Kita mau lihat masyarakat kita, masyarakat paling bawah di kampung masyarakat nelayan ini. Saya kira keadaan mereka perlu kita bangun. Karena memang rencana kita membangun kampung, membangun masyarakat, dan ekonominya, sehingga mereka bisa bangkit," seru pria kelahiran Gunung Tua ini yang disambut meriah para masyarakat sekitar.

Mantan Kajati Sumatera Utara tersebut, juga mengakui sangat bahagia karena bisa melihat langsung keadaan masyarakat nelayan.

"Tentu soal alat tangkap mereka, kemudian perahu kapal nelayan, itu perlu. Lebih banyak lagi, perlu kita persiapkan, termasuk wilayah tangkap. Selain itu perlu diatur juga soal alat tangkapnya, agar nelayan kecil tidak dirugikan," tandasnya.

Secara terpisah, kedatangan Cawagubsu Fadly Nurzal di lokasi Tangkahan Bagan Deli diwarnai aksi damai para nelayan pukat teri untuk menyuarakan aspirasinya. Melalui sekretaris nelayan pukat teri, Alfian mereka bertemu perahu kapal rombongan Fadly Nurzal di pinggiran Tangkahan. Mereka menyuarakan atas adanya pembatasan alat tangkap yang sebenarnya kurang jelas pengaturan tentang hal tersebut.

Tak jauh dari tempat tersebut terpampang spanduk bertuliskan forum taruna melayani, pukat grandong musuh kita bersama. Fadly Nurzal yang menjadi target nelayan saat itu dengan tenang mendatangi dan berupaya menenangkan dan mendengarkan aspirasi para nelayan tersebut. Bagi Ketua DPW PPP yang juga anggota di DPRD Provinsi Sumatera Utara ini berjanji akan menyelesaikan permasalahan di kalangan nelayan agar meminimalisir konflik diperairan ini.

Di tempat terpisah, iring- iringan mobil dan becak yang mengelilingi Belawan langsung dipandu Ketua Forum Masyarakat Belawan Membangun (Formabem) M Safrik Sani Tarigan. Dimulai dari Titi Labuhan menuju ke Bagan Deli dan selanjutnya memasuki Jalan Selebes.

Sepanjang perjalanan yang di lalui, yel-yel "Hidup Chairuman Fadly ", "Hidup Formabem" terus terdengar disertai lambaian tangan salam tiga jari yang menjadi simbol keakraban masyarakat. Hingga akhirnya iring-iringan rombongan sampai ke Sundari menjemput pasangan no. 3 Cawagubsu Fadly Nurzal di Tangkahan Sundari Belawan lama yang melakukan kampanye dengan menaiki kapal nelayan. (Abu hasan/Mar)

Like this article?

0 likes & 0 dislikes


Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler