Sukses

Ribuan Jemaat Hadiri Khotbah Terakhir Paus Benediktus XVI

Paus Benediktus XVI menyampaikan khotbah terakhirnya di Gereja Vatikan pada akhir pekan ini, sebelum resmi mundur pada Kamis 28 Februari 2013.

Paus Benediktus XVI menyampaikan khotbah terakhirnya di Gereja Vatikan pada akhir pekan ini, sebelum resmi mundur pada Kamis 28 Februari 2013.

Seperti diberitakan laman BBC yang dilansir Senin (25/2/2013), Paus yang telah berusia 85 tahun itu menyampaikan khotbahnya dari balkon Gereja Vatikan yang menghadap Lapangan Santo Petrus.

Dalam khotbah tersebut, Paus juga menyampaikan salam perpisahan atas masa kepemimpinannya selama 8 tahun. Ia menyampaikan ungkapan perpisahan kepada  para jamaat Katolik yang datang, dengan menggunakan beberapa bahasa berbeda

Selain itu ia juga menyampaikan kemunduran dirinya sebagai Paus, karena telah mengikuti petunjuk dari Tuhan.

"Tuhan memanggil saya untuk mendaki gunung, doa bukanlah suatu isolasi dari dunia," katanya.

"Saya tidak meninggalkan Gereja, dan akan terus melayani dalam cara yang lebih disesuaikan dengan usia dan kekuatan saya. Melalui doa dan meditasi," tambahnya.

Ini memang khotbah terakhirnya, namun Paus akan tampil di depan publik untuk terakhir kalinya pada Rabu, 27 Februari.

Pada kesempatan itu, para Kardinal pun berkumpul untuk memilih pengganti Paus di tengah skandal kasus korupsi besar, pedofilia, serta skandal seks sesama jenis di gereja yang sedang marak diberitakan. (Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.