Sukses

Pengamat: Efek Jokowi ke Rieke, Ada..Tapi Tak Besar

Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Rieke Diah Pitaloka-Teten Masduki mengalahkan Dede Yusuf-Lex Laksamana.

Kejutan terjadi di hasil penghitungan cepat pilkada Jawa Barat. Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Rieke Diah Pitaloka-Teten Masduki mengalahkan Dede Yusuf-Lex Laksamana.

Terkait itu, pakar politik Universitas UI, Iberamsjah mengakui bahwa masuknya pasangan Cagub dan Cawagub Jawa Barat, Rieke - Teten, di peringkat ke-2 hasil perhitungan sementara cukup dipengaruhi oleh Jokowi Effect.

"Ada lah pengaruhnya. Tapi tidak besar. Rakyat Jawa Barat punya pilihan sendiri. Namun, cukup terdongkrak," ujar Iberamsjah saat dihubungi melalui telepon, Minggu (24/2/2013).

Menurutnya, peringkat perolehan suara sementara Pilgub Jawa Barat saat ini masih logis. Bahkan menurutnya, yang mengejutkan adalah keunggulan pasangan Aher - Deddy. Padahal partai politik yang mengusung Aher, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), sekarang sedang bermasalah.

"Tapi rakyat ya kembali ke figur Aher yang mungkin dinilai berhasil membangun Jabar. Sedangkan Rieke belum ketahuan kinerjanya. Rakyat biasanya senang dengan incumbent."

Sedikit berbeda dengan tanggapan Iberamsjah, Pengamat politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro, mengatakan bahwa peringkat 2 Rieke - Teten cukup mengejutkan. Justru pasangan Dede - Lex yang diprediksi bakal bersaing ketat dengan Aher - Deddy, berada pada peringkat ke-3.

"Jadi Aher nomor 1 ya. Rieke nomor 2. Ya ini termasuk yang tidak diprediksi sejak awal. Kalaupun Rieke urutan 2 saat ini, prediksi awal kan dia nomor 3. Yang kita ingin tahu mengapa Dede yang merasa diunggulkan, ternyata nomor 3," tutur Siti.

Tetapi hasil quick count saat ini, ia tambahkan, belum sampai pada kesimpulan akhir karena belum mendekati valid. Sehingga, ada kemungkinan nantinya dilakukan putaran kedua.

"Melihat suara, bisa jadi 2 putaran. Urutan Rieke - Teten ini kejutan. Dia termasuk yang tidak diunggulkan diawal. Hrusnya prediksi awal itu, kalo putaran ada kedua, paling tidak antara pasangan Dede dgn Aher. Ini kok Rieke. Luar biasa ini," ujar Siti.

Siti mengatakan banyak faktor yang mempengaruhi peringkat tersebut, seperti suara dukungan yang merosot di salah satu partai pasangan ataupun Jokowi effect untuk pasangan Rieke - Teten. Apalagi Dapil Depok berpapasan langsung dengan Jakarta yang memperkuat pengaruh Gubernur DKI Jokowi.

"Dia (Rieke) bisa menggarap suara. Mungkin bukan di Bandung tapi di perbatasan Jabar dengan DKI. Pengaruh Jokowi memang menjangkit ke sana," tandas Siti Zuroh.(Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.