Sukses

Rieke: Jangan Buru-buru Mengaku Menang

Bagi calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 5 ini, sebaiknya semua pihak menunggu hasil resmi KPUD Jawa Barat. Apakah Rieke tak percaya quick count?

Hasil penghitungan cepat atau quick count beberapa lembaga survei menyebut pilkada Jawa Barat sementara dimenangkan pasangan nomor urut 4, Ahmad Heryawan dan Deddy Mizwar. Bagi calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 5 ini, sebaiknya semua pihak menunggu hasil resmi KPUD Jawa Barat. Apakah Rieke tak percaya quick count?

"Bukan tidak mempercayai, karena memang secara faktual yang akan diakui nanti itu yang punya landasan hukum. Ya penghitungan berdasarkan berita acara," kata Rieke sebelum berangkat ke Bandung, di kediamannya, Kukusan, Depok, Jawa Barat, Minggu petang (24/2/2013).

Menurut Rieke, seperti saat pilkada DKI, meski hasil penghitungan cepat mengunggulkan Jokowi tetapi partai tetap menunggu hasil faktual atau resminya. Karena, kata Rieke, hasil yang dikeluarkan lewat berita acara itu betul-betul berasal dari seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS).

"Ada 70 ribu lebih TPS di Jabar ini. Ini lebih luas dari DKI. Jadi menurut saya memang kita harus bersabar jangan terburu-buru mengaku menang, dan jangan juga terburu-buru menyerah kalah," kata Rieke. Rieke masih akan terus berjuang bersama tim untuk mencapai tujuan.

Kendati begitu, Rieke dan tim tetap menyiapkan putaran kedua Pilkada Jabar. Bila putaran dua digelar, maka dugaan politik uang disinyalir akan semakin besar. "Kalau masuk putaran kedua, gerakan perlawanan terhadap politik uang itu saya kira akan menjadi besar," ujar Rieke yang langsung menuju Bandung. (Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini