Sukses

Rieke-Teten Dapat Efek Jokowi di Pilkada Jabar

Selain adanya persaingan sengit antar kandidat Pilkada Jawa Barat, PoliticaWave yang memantau isu di media sosial, menemukan adanya 'efek Jokowi'.

Berdasarkan hasil quick count (hitung cepat) Lembaga Survei Indonesia (LSI) bekerjasama Liputan6.com, pasangan nomor 5 di Pilkada Jawa Barat (Jabar) Rieke Diah Pitaloka-Teten Masduki menduduki posisi nomor 2 dengan perolehan suara sekitar 27,36%. Selain adanya persaingan sengit antar kandidat Pilkada Jawa Barat, PoliticaWave yang memantau isu di media sosial, menemukan adanya 'efek Jokowi'.

"Dari hasil pemantauan PoliticaWave, terlihat bahwa upaya pasangan Rieke-Teten untuk membawa Joko Widodo sebagai juru kampanye ternyata mendapatkan respon negatif dan positif secara bersamaan dari kalangan netizen di media sosial," ungkap Direktur PolicaWave, Yose Rizal dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu (24/2/2013).

Hal ini, jelasnya, dikarenakan Rieke-Teten dianggap menjiplak dan semakin diperburuk dengan pernyataan Rieke yang kemudian menjadi perbincangan netizen, yaitu tidak malu menjiplak Jokowi.

"Namun pada saat yang bersamaan, tindakan penjiplakan tersebut juga dianggap positif oleh sebagian netizen. Bagi beberapa netizen, tindakan tersebut bukanlah sesuatu yang negatif karena mereka sama-sama dari PDIP dan sosok yang dijiplak oleh Rieke-Teten adalah Jokowi, yang merupakan idola masyarakat Indonesia. Dan diharapkan pasangan Rieke-Teten juga memiliki figur dan sikap seperti halnya Jokowi. Hal ini dibuktikan dengan share of awareness dan citizen Rieke-Teten masuk ke dalam posisi tiga besar," papar Rizal.

Berdasarkan hasil hitung cepat LSI dengan total suara sementara 98,33%, pasangan nomor 4 Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar memperoleh 33,18%, diikuti pasangan Rieke-Teten dengan 27,47%. Posisi ketiga ditempati pasangan Dede Yusuf-Lex Laksamana dengan 25,36%. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.