by Nadya Isnaeni

VIDEO: Nasi Bakar Kendil, Sensasi Lain Makan Nasi

  • Peristiwa
  • 0
  • 23 Feb 2013 08:01
Nasi dapat diolah menjadi beraneka ragam makanan yang lezat dan istimewa. Kalau biasanya nasi dimasak di penanak nasi, yang ini beda. Di Kota Solo, Jawa Tengah, nasi diolah dengan cara dibakar menggunakan kendil yang terbuat dari tanah liat.

Karena dibakar menggunakan kendil, maka nasi unik ini dinamakan nasi bakar kendil. Ide pembuatannya cukup sederhana. Berawal dari kebiasaan masyarakat tempo dulu yang memasak nasi menggunakan kendil.

Cara membuat nasi bakar kendil ini juga cukup mudah. Awalnya nasi dicampur dengan santan kelapa untuk menjadikannya semakin gurih. Kemudian
ditambahkan sayuran dan lauk-pauk sesuai selera, seperti ayam, tongkol, atau, daging sapi. Nasi beserta lauk-pauknya kemudian dimasukkan ke kendil kecil.

Daun pisan juga digunakan untuk lebih memberikan aroma alami. Setelah itu, nasi siap dibakar di atas bara api. Untuk lebih menambahkan sensasi nikmatnya, nasi bakar kendil ini harus disajikan dalam keadaan hangat dan masih tetap berada di kendilnya.
 
Harus diaduk terlebih dahulu, agar tercampur rasa gurih yang ada di dalamnya. Selain bumbu yang nikmat, sensasi yang didapat adalah nikmatnya nasi gosong yang menjadi kerak nasi akibat bakaran kendil. Untuk menikmati satu porsi nasi bakar kendil ini, anda cukup membayarnya dengan uang sebesar Rp 25 ribu. Nyaaamm, nikmaaat. (Ndy)
Comments
Sign in to post a comment