Sukses

VIDEO: Memetik Durian Brongkol di Ketinggian 30 Meter

Musim durian berarti panen rezeki. Tidak hanya bagi petani atau penjual durian. Pemetik durian juga kecipratan rezeki.

Musim durian berarti panen rezeki. Tidak hanya bagi petani atau penjual durian. Pemetik durian juga kecipratan rezeki, walau mereka harus bertaruh nyawa memanjat pohon durian setinggi hingga 30 meter lebih.

Desa Brongkol, Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, dikenal sebagai desa sentra buah durian. Pada Januari hingga April, merupakan bulan yang ditunggu warga sekitar. Karena dalam 4 bulan itu merupakan masa musim durian.

Pada musim durian saat ini, Jumat (22/2/2013), selain mendatangkan untung bagi pemilik pohon durian, juga mendatangkan rezeki bagi warga yang berprofesi penyedia jasa pemetikan buah durian. Kusmin dan Suryadi, warga setempat telah menekuni profesi sebagai pemetik durian selama lebih dari 15 tahun.

Peralatan seadanya yang digunakan seperti tali tambang plastik, jas hujan, pisau, dan gunting untuk memetik durian di atas pohon. Pohon itu tingginya antara 20 meter hingga 30 meter tanpa dilengkapi alat pengaman. Memotong satu per satu durian, kemudian menurunkannya menggunakan tali tambang agar durian tidak rusak akibat terjatuh.

Untuk pekerjaan yang menantang maut ini, Kusmin dan Suryadi mendapat uang jasa sebesar Rp 50 ribu per hari dan harus memanjat 20 pohon untuk memetik durian. Selama menekuni profesi ini keduanya beberapa kali terjatuh saat memetik durian hingga mengalami luka pada punggung, iga, tangan, serta lambungnya.

Namun Kusmin dan Suryadi tetap setia pada pekerjaannya yang bisa menghasilkan uang hingga Rp 6 juta selama 4 bulan di musim durian.

Di Desa Brongkol, terdapat 12 ribu pohon durian yang tersebar di lahan seluas 60 hektare dalam sehari. Sedikitnya terdapat 2 ribu durian yang dipetik dari pohonnya dalam sehari.

Selain banyaknya persedian durian yang melimpah, durian Brongkol juga dikenal karena durian matang di pohon. Durian bisa langsung dinikmati dengan aroma yang tajam, rasanya nikmat, dan memiliki daging yang tebal.

Hingga saat ini, pemasaran durian asal Brongkol telah tersebar di sejumlah kota di Jawa Tengah dan Jakarta. Durian Brongkol ini patut dicoba. Harganya berkisar Rp 10 ribu hingga Rp 80 ribu. (Frd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini