Sukses

VIDEO: Menkes-Menko Kesra Sidak RS, Pasien Menangis

Buruknya kualitas pelayanan kesehatan masyarakat yang muncul akhir-akhir ini mendorong menteri terkait memeriksa langsung pelayanan kesehatan di sejumlah rumah sakit.

Buruknya kualitas pelayanan kesehatan masyarakat yang muncul akhir-akhir ini mendorong menteri terkait memeriksa langsung pelayanan kesehatan di sejumlah rumah sakit.

Menko Kesra Agung Laksono dan Menkes Nafsiah Mboi, Jumat (22/2/2013) pagi, menggelar inspeksi mendadak (sidak) pelayanan kesehatan masyarakat di Rumah Sakit Budi Asih dan Rumah Sakit Persahabatan, Jakarta Timur. Seorang pasien yang dikunjungi, menangis di pangkuan Nafsiah.

Pemeriksaan ini dilakukan seiring munculnya sejumlah kasus terkait buruknya pelayanan kesehatan yang sampai merenggut korban jiwa. Kedatangan 2 menteri ini disambut haru oleh beberapa pasien yang berada di lokasi.

Nafsiah mengatakan, sesuai peraturan, izin RS yang terbukti menelantarkan pasien bisa dicabut jika surat teguran atau sanksi lain tidak diindahkan. Dia berjanji akan terus meningkatkan mutu dan menambah sumber daya manusia di rumah sakit.

Membludaknya jumlah pasien akhir-akhir ini, kata Nafsiah, terlepas dari kekurangan tenaga medis yang dimiliki. Ia juga mengingatkan masyarakat untuk menjaga pola hidup sehat. Dia juga berharap kematian bayi prematur seperti yang terjadi baru-baru ini tidak terulang.

Agung Laksono mengatakan, kunjungan ini bertujuan untuk melihat langsung langkah-langkah untuk memperkuat simpul-simpul pos kesehatan, seperti puskesmas.

Banyaknya pasien yang datang ke RS membuktikan tidak optimalnya pelayanan di puskesmas yang berdekatan langsung dengan masyarakat.

Selain RS Budi Asih yang mewakili rumah sakit milik Pemprov DKI Jakarta, kedua pejabat negara ini juga akan mengunjungi RS Persahabatan, Jakarta Timur, mewakili rumah sakit milik pemerintah pusat. (Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.