Syarat PDIP Usung Jokowi Jadi Capres: Dukung 4 Pilar

  • Politik
  • 0
  • 21 Feb 2013 14:55

jokowi-syarat130221b.jpg
Hasil survei menempatkan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi dalam urutan teratas sebagai calon presiden 2014. Meski demikian, PDI Perjuangan sebagai partai yang menaungi Jokowi, tak langsung akan mengusung orang nomor satu di Jakarta itu.

"Ini kan baru 3 bulan, tunggu setahunlah," kata politisi senior PDI Perjuangan, Taufiq Kiemas, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (21/2/2013).

Lalu apa syarat menjadi capres dari PDI Perjuangan? Menurut suami Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum PDI Perjuangan itu, seorang calon dari partainya harus membela 4 pilar kebangsaan.

"Kan Ibu Mega bela 4 pilar. Sekarang Pak Jokowi bela 4 pilar gak? Kalau bela 4 pilar, barulah. Karena PDI Perjuangan mewajibkan 4 pilar. Kalau tidak bela, bagaimana?" ujar Taufiq yang juga menjabat Ketua MPR itu.

4 Pilar kebangsaan yang dimaksudkan adalah Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Seperti diketahui, berdasarkan survei yang dilakukan Lembaga survei Jakarta, Jokowi menempati urutan pertama sebagai calon presiden 2014. Dia jauh mengungguli capres lainnya, Aburizal Bakrie, Jusuf Kalla, bahkan Megawati Soekarnoputri.

Peneliti dari LSJ, Fachrul Ahmad, mengatakan hasil survei ini merupakan cerminan masyarakat Indonesia sudah bisa melilih pilihannya sendiri. "Saya senang bila ternyata Jokowi memang menjadi presiden kita mendatang. Karena, ini membuktikan Indonesia perlu regenerasi kepemimpinan nasional," kata Fachrul Selasa (19/2).

Terkait mencuatnya posisi Jokowi dalam daftar capres 2014, Fachrul mengimbau agar Megawati Soekarnoputri mau menyerahkan estafet kepemimpinan kepada yang lebih muda. "Saatnya yang figur lama istirahat deh," kata dia. (Ary)

Credit: Ary

Terpopuler