Sukses

Jokowi: Waduk Krukut Apa Ini? Kolam Ikan Kelas Kampung!

Saat melihat kondisi waduk di Kali Krukut yang luasnya tak seberapa dan kurang diurus, Jokowi kecewa berat.

Gubernur DKI Jakarta, Jokowi hari ini meninjau Kali Krukut, sekaligus waduk yang ada di sampingnya. Ia didampingi Camat Cilandak, Sayid Ali dan Lurah Pondok Labu, Safri Djani.

Saat melihat kondisi waduk yang luasnya tak seberapa dan kurang diurus, Jokowi kecewa berat. "Waduk kok kayak gini. Waduk apa ini? Kolam ikan kelas kampung ini. Kalau nggak dicek ya kayak gini," ucap pria bernama lengkap Joko Widodo itu di pinggiran waduk, Kamis (21/2/2013).

Menurut Lurah Pondok Labu, waduk tersebut sampai saat ini belum memiliki nama resmi, namun dikenal oleh warga sekitar sebagai Waduk RW 3. Waduk itu baru dibuat pada tahun 2011.

Tak puas dengan penjelasan itu, Jokowi langsung menelpon Kepala Dinas PU agar mengecek langsung kondisi waduk. Ia menginginkan waduk itu segera diperlebar.

Bagi Jokowi, dengan kondisi seperti itu, Waduk RW 3 tidak tampak seperti waduk."Masa kayak gini namanya waduk. Kolam saja ndak. Ini empang tempat pancingan. Artinya, kalau ada proyek, kalau nggak ada manajemen kontrol yang baik, tidak ada cek yang betul. Jadinya seperti ini," kata Jokowi.

Jokowi bertekad akan mengawasi langsung kegiatan pelebaran waduk. Memastikan waduk bermanfaat bagi masyarakat. Luas waduk sekitar 9.000 meter persegi akan ditambah lagi 11.000 meter persegi, total 20.000 meter persegi.

"Saya belum tahu, apakah jangan-jangan waduk ini kegiatannya hanya membuat empang. Tempat mancing.  Tahun ini akan dikerjakan. Saya punya list satu-satu akan saya kerjakan. Setelah APBD rampung langsung dikerjakan lagi," pungkas Jokowi.

Menurut informasi, waduk tersebut sejatinya dibangun untuk mengantisipasi banjir yang kerap melanda Kelurahan Pondok Labu, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan.(Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.