Sukses

Elektabilitas Pilgub Jabar Nomor 3, Rieke: Enggak Apa-Apa

Calon Gubernur Rieke Diah Pitaloka tenang-tenang saja menanggapi hasil survei IPMR yang menempatkan duet Rieke-Teten Masduki di urutan 3.

Hasil survei Indonesia Political Marketing Research (IPMR) pada Rabu 20 Februari lalu, menempatkan pasangan calon Gubernur Rieke Diah Pitaloka-Teten di urutan 3. Meski begitu, Rieke tenang-tenang saja menanggapi hasil survei tersebut.

"Enggak apa-apalah," ujar Rieke santai, saat berkunjung ke kediaman Jusuf Kalla di Jalan Brawijaya Nomor 6, Jakarta Selatan, Kamis (21/2/2013).

Menghadapi persaingan untuk memenangkan Pilgub Jabar 2013, Rieke mengaku tidak ada langkah khusus. Yang pasti, ucap Rieke, tetap optimistis keluar sebagai juara di Pilgub Jabar dengan kondisi seadanya.

"Tidak ada. Optimistis dan berdoa saja. Iklan saja tidak ada, tidak apa-apa. Berjuang saja, sisa 3 hari saja, pasang iklan tidak bisa, buat survei tidak bisa. Malah dibantu pak JK kan muka saya," ujarnya.

Bahkan, Rieke bersyukur karena sudah dibantu Gubernur DKI Joko Widodo selaku partnernya di Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). "Iklan saya juga alhamdulillah dibantu Pak Jokowi. Kita sama-sama bantu, dulu juga saya bantu iklan Pak Jokowi. Sesama duafa saling membantu," ucap Rieke berkelakar.

Pada hasil survei IPMR tingkat elektabilitas secara keseluruhan, menunjukan pasangan cagub Dede Yusuf-Lex Laksamana meraih persentase pemilih terbesar dibanding 4 pasangan pesaingnya.

Chief Operation IPMR Farid Subkhan mengatakan, pasangan Dede Yusuf-Lex meraih 35 persen. Rinciannya angka pemilih yang sudah benar-benar yakin 18,98 persen, sementara yang belum yakin 16,10 persen.

"Jadi kalau lihat seperti ini tentu pasangan Dede dan Lex memiliki peluang besar. Tapi yang menarik, ternyata masih banyak yang memiliki peluang ke tempat lain (swing voter) 11,5 persen," ujar Farid di Kuningan, Jakarta, Rabu 20 Februari lalu.

Farid menjelaskan, untuk duet Ahmad Heryawan dan Deddy Mizwar memiliki tingkat elektabilitas 19,3 persen. Dari angka itu yang sudah yakin memilih sebanyak 15,31 persen. Sedangkan pemilih yang belum yakin sebanyak 14,14 persen.

Pasangan Rieke-Teten berada di peringkat 3 yakni 15,7 persen. Untuk calon pemilih yang sudah yakin sebanyak 10,86 persen dan 4,85 persen belum yakin. "Jadi dari survei ini ada 3 kandidat yang berpeluang," imbuh Farid.

Sementara untuk pasangan Irianto Mahfudz dan Tatang Farhanul Hakim meraih angka elektabilitas 7,6 persen. Jumlah calon pemilih yang sudah yakin 2,88 persen dan 4,71 persen yang belum yakin.

Pasangan Didik Mulyana Arief Mansur dan Cecep Nana Suryana Toyib berada di urutan terakhir dari 5 besar tingkat elektabilitas. Keduanya hanya meraih angka 0,7 persen, dengan jumlah calon pemilih yang sudah yakin 0,26 persen dan yang belum yakin 0,39 persen.

"Dan untuk swing voter di sini cukup tinggi yakni 11,5 persen. Swing voter memberi seluas-luasnya peluang ketiga kandidat ini untuk bagaimana mencuri star tingkat kepemilihan atau kepercayaaan pada Pemilukada Jabar," tandasnya.(Ais)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.