Sukses

Rizal Mallarangeng: Tak Pernah Andi Tak Bertanggung Jawab

Menurut Rizal, jika yang dimaksud Menkeu tentang tanggung jawab Menpora adalah sebagai pengguna anggaran, maka di situ ada rantainya.

Juru bicara keluarga Mallarangeng, Rizal Mallarangeng mempertanyakan pernyataan Menteri Keuangan Agus Martowardojo yang menyebut tanggungjawab proyek Hambalang adalah mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng.

"Tidak pernah Andi Mallarangeng tidak bertanggung jawab," kata Rizal Malarangeng di Wisma Proklamasi 41, Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (20/2/2013).

Menurut Rizal, jika yang dimaksud Menkeu tentang tanggung jawab Menpora adalah sebagai pengguna anggaran, maka di situ ada rantai bertingkat-tingkat yang bersifat independen.

"Kalau lihat penggunan anggaran yang disebut Menkeu pada Menpora. Pada penyalahgunaan dan mark up jauh di bawah Menpora atau itu pada tingkat kontraktor dan subkontraktor," cetusnya.

Rizal yang juga adik kandung Andi Mallarangeng menolak kalau Andi terlibat dalam mark up proyek tersebut. Karena, kata dia, tidak ada satu pun yang mengatakan bahwa Andi Mallarangeng terkait mark up dan kerugian negara di Hambalang.

Rizal juga pun membantah ucapan Menkeu yang menyebut tanggung jawab megaproyek senilai Rp 1,2 Triliun itu harus dipikul sang kakak. "Tidak pernah Andi tidak bertanggungjawab, buktinya dia mengundurkan diri. Sekarang rekening keluarganya diblokir. Itulah buktinya dia bertanggung jawab," kata Rizal.

Rizal menambahkan, mestinya Menkeu menjelaskan proses pencairan anggaran untuk proyek pembangunan sport center di Bukit Hambalang, Bogor, Jawa Barat. Karena lanjut Rizal, Menkeu yang membuat peraturan mengenai multiyears. "Dan tidak ada tandatangan dua menteri tetapi tetap dicairkan," urai dia dengan nada tinggi. (Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini